sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil, Cegah Sembelit hingga Cacat Saraf Tabung Bayi

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 02 Jan 2022 08:10 WIB
Ibu hamil makan Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Buah kiwi bisa jadi camilan yang pas untuk Bunda yang lagi hamil nih. Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil bersumber pada kandungan nutrisinya.

Buah kiwi memiliki kulit berwarna cokelat mudah yang tipis dan sedikit berserabut. Daging buah kiwi berwarna hijau atau kuning keemasan dan memiliki biji berwarna hitam yang bisa dimakan.

Buah yang sering disebut gooseberry Cina ini cocok menjadi camilan selama hamil karena rasanya yang manis. Selain itu, buah kiwi juga memiliki tekstur yang lembut, Bunda.


Nutrisi buah kiwi

Dalam 69 gram buah kiwi mengandung 42,1 kalori, 0,3 lemak, dan 10 gram karbohidrat. Buah berbentuk kecil ini juga dikenal sebagai sumber antioksidan, vitamin, dan kalium yang sangat baik untuk kesehatan.

"Buah ini tidak mengandung kolesterol, serta rendah gula dan lemak. Buah kiwi juga mengandung vitamin C, K, asam folat, kalium, serat, kolin, magnesium, dan fosfor," kata ahli nutrisi klinis Swati Patwal, M.Sc., dilansir Mom Junction.

Tak cuma itu, setiap bagian di buah ini juga mengandung zat yang baik untuk kesehatan lho. Biji kiwi mengandung asam alfa-linolenat dan asam lemak omega-3. Sementara itu, daging buahnya mengandung karotenoid, termasuk provitamin A, beta karoten, lutein, dan zeaxanthin.

Ibu hamil makanIbu hamil makan buah kiwi/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil

Buah kiwi aman dikonsumsi selama hamil ya, Bunda. Kiwi justru direkomendasikan saat hamil karena mengandung banyak nutrisi yang baik untuk Bunda dan janin.

Tapi, buah ini tidak disarankan untuk Bunda yang memiliki alergi Kiwi. Bila muncul gejala alergi seperti ruam kulit hingga pembengkakan di sekitar mulut, segera hentikan konsumsi buah kiwi ya.

Selama keluhan alergi tidak muncul, Bunda bisa makan buah kiwi selama hamil karena mengandung banyak manfaat. Melansir dari berbagai sumber, berikut 7 manfaat buah kiwi untuk ibu hamil:

1. Mencegah cacat tabung saraf pada bayi

Setidaknya ada 17 mikrogram (mcg) asam folat di dalam buah kiwi, Bunda. Asam folat dibutuhkan selama hamil, terutama di trimester pertama.

Asam folat merupakan vitamin B kompleks yang larut dalam air. Asam folat membantu produksi DNA hingga pembentukan sel darah merah. Selain itu, asam folat juga berfungsi mengoptimalkan perkembangan saraf janin, sumsum tulang belakang, dan mencegah cacat tabung saraf.

"Asam folat membantu perkembangan otak dan kemampuan kognitif janin. Memasukkan buah kiwi dalam menu makan selama hamil dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi," ujar Patwal.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C di buah kiwi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Bunda selama hamil. Vitamin C juga bisa melindungi Bunda dari radikal bebas, memberikan tambahan tenaga, dan mengurangi kelelahan.

Vitamin C di buah ini juga dapat membantu penyerapan zat besi lebih optimal. Bunda pun dapat terhindar dari anemia.

"Penyerapan zat besi yang baik sangat penting untuk mencegah anemia selama dan setelah hamil. Zat besi membantu pembentukan neurotransmiter, yang penting untuk fungsi otak," ujar ahli gizi spesialis manajemen penyakit kronis, Miho Hatanaka, RDN, L.D., dikutip dari Healthline.

3. Menjaga kesehatan tulang

Buah kiwi juga mengandung kalsium dan fosfor, Bunda. Kedua mineral ini baik untuk menjaga kesehatan tulang Bunda serta perkembangan tulang janin.

Kalsium yang cukup juga dibutuhkan untuk perkembangan otot dan jantung janin. Setidaknya dalam satu buah kiwi mengandung sekitar 23,5 miligram kalsium.

Selain mineral, kandungan vitamin K di buah kiwi juga penting untuk perkembangan tulang. Vitamin K pun berfungsi untuk membantu pembentukan darah secara optimal dan memberikan tenaga supaya Bunda enggak gampang lelah.

4. Mencegah sembelit

Sembelit atau konstipasi adalah gangguan sistem pencernaan yang sering dialami ibu hamil di tiap trimester kehamilan. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), sembelit bisa bikin ibu hamil buang air besar (BAB) kurang dari tiga kali dalam seminggu.

Sembelit sebenarnya bisa dicegah atau diatasi dengan menjaga pola makan, seperti konsumsi buah kiwi. Buah ini mengandung serat yang cukup tinggi untuk menjaga kesehatan saluran cerna selama hamil.

Serat makanan dalam buah kiwi dapat membantu melunakkan kotoran dan membuat BAB lancar. Selain mencegah sembelit, serat ini juga bisa meredakan kembung dan sakit perut.

5. Mempersingkat durasi sakit flu

Buah kiwi mengandung antioksidan dan vitamin yang bisa meningkatkan imunitas dan melindungi tubuh dari penyakit. Salah satunya dapat mempersingkat durasi sakit flu atau gejala pilek.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition tahun 2012, menemukan bahwa kiwi dapat membantu mempersingkat durasi dan intensitas infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), seperti flu.

Simak juga 7 buah-buahan yang baik dikonsumsi saat hamil, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!