sign up SIGN UP search


kehamilan

Cerita Wanita Tak Bisa Jalan Usai Melahirkan Gara-gara Ukuran Bayi Kebesaran

Annisa Afani   |   Haibunda Jumat, 31 Dec 2021 18:48 WIB
Faradilla Bunga Kluarga Faradilla Bunga/Foto: Instagram @faradillabungay
Jakarta -

Melahirkan memang menjadi pengorbanan yang luar biasa, Bunda. Di dalamnya ada perjuangan besar hingga kita pun harus bertaruh nyawa demi kelahiran si Kecil.

Pengalaman luar biasa saat melahirkan ini pun turut dialami oleh Bunda Faradilla Bunga. Konten kreator kelahiran Jakarta ini membagikan cerita pasca melahirkan beberapa waktu yang lalu.

Cerita tersebut ia bagikan di akun TikTok @faradillabungay. Dalam konten tersebut, Faradilla mengatakan bahwa dirinya sempat tak bisa berjalan usai persalinan normal


"Enggak bisa jalan setelah lahiran normal, ini cerita gue," dikutip pada Jumat (31/12/2021).

Persalinan tersebut terjadi pada Juni 2020. Di kehamilan pertama, berat badan bayinya mencapai 3,8 kilogram (Kg).

"2 Juni 2020, anak pertama gue lahir dengan berat badan 3,8 kg," tuturnya.

Pada awalnya, Faradilla ungkap semua baik-baik saja. Namun selang beberapa hari setelahnya, barulah ia sadar bahwa ada sesuatu yang terjadi pada tubuhnya. Ia merasa amat kesakitan jika berjalan, Bunda.

"Semua baik-baik saja sampai dua hari kemudian, gue merasa perih luar biasa tiap mau jalan yang akhirnya enggak sanggup angkat kaki lagi. Iya, gue enggak bisa jalan," ungkapnya.

Dari saat itu, ia lantas kembali menemui dokter kandungan selama kehamilan. Ia pun kemudian divonis mengalami Simfisi pubis dysfunction (SPD).

"(Divonis) Simfisi pubis dysfunction, peregangan sendi pada vagina," ujarnya.

Sebagai ibu baru, Faradilla akui bahwa dirinya sempat sedih. Ia merasa menjadi ibu baru yang tak berguna. Pergerakannya pun jadi serba terbatas, termasuk sulit untuk memberikan ASI pada bayinya.

"Sempat merasa enggak berguna banget jadi ibu baru. Susah gerak, enggak bisa gendong anak saat nangis, mau kasih ASI pun susah," katanya.

Meski begitu, Faradilla ikhlas dan tabah, Bunda. Masa-masa tersebut ia lewati dengan terapi, terlebih lagi mendapat banyak dukungan dari suami dan keluarga.

"Tapi gue tetap jalani itu semua dengan ikhlas dan waras."

"Gue terapi rutin setiap hari, berdoa, dan yakin kalau gue bisa sembuh. Ditambah dengan pelukan dan senyuman hangat dari anak pertama gue, support suami, dan nyokap, alhamdulillah dari 20 hari gue bisa jalan lagi," sambungnya.

Faradilla akui bahwa pengalaman itu cukup berat. Walau begitu, ia berpesan bahwa melahirkan semenakutkan itu. Melahirkan tetap menjadi hal yang menyenangkan bagi wanita.

"Jadi kalian, perempuan yang nonton ini, jangan takut dan jangan khawatir. Melahirkan itu hal yang sangat menyenangkan, kok. Karena, anugerah yang kita tunggu selama 9 bulan, sebentar lagi bisa dipeluk dalam dada kita. Semangat calon ibu, kalian hebat," tuturnya.

Simak kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, simak juga 10 momen bahagia selebriti yang melahirkan di tahun 2021 dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PERAWATAN YANG FARADILLA JALANI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!