sign up SIGN UP search


kehamilan

Tips Pilih Korset Pasca Persalinan Seperti Dilakukan Felicya Angelista & Fairuz A Rafiq

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 09 Jan 2022 18:55 WIB
Artis Pakai Korset Habis Melahirkan Fairuz A Rafiq Mengenakan Korset/ Foto: Instagram @fairuzarafiq
Jakarta -

Penggunaan korset dipercaya bisa mengembalikan bentuk tubuh usia melahirkan. Kedua Bunda Seleb, Felicya Angelista dan Fairuz A Rafiq, juga kompak menggunakan korset setelah melahirkan anaknya nih, Bunda.

Lalu apa sih manfaat korset pasca persalinan? Apakah korset aman digunakan Bunda yang baru melahirkan?

Korset merupakan pembebat yang dipasang di perut yang fungsinya mirip dengan gurita dan stagen. Di Indonesia, pemakaian korset, stagen, dan gurita sebenarnya bukan hal baru.


Pemakanan korset banyak dilakukan masyarakat Jawa sebagai upaya tradisional untuk mengembalikan bentuk tubuh pasca persalinan. Tapi pada dasarnya, dunia kedokteran tidak pernah menganjurkan penggunaan stagen atau korset setelah melahirkan.

Banner Model Bosnia DisekapFoto: HaiBunda/Mia

Korset atau stagen tidak memberikan efek positif untuk mengecilkan atau mengencangkan perut karena bersifat pasif. Demikian seperti mengutip Buku Pintar Ibu Hamil oleh Tim Naviri.

"Pada saat memakai stagen, perut akan terasa kencang. Namun pada saat dilepas, perut akan kembali kendur seperti semula," kata tim penulis.

Sementara itu, penggunaan gurita dikatakan lebih aman dibandingkan stagen karena tidak membalut perut terlalu kencang. Meski begitu, ada baiknya Bunda konsultasi dulu ke dokter sebelum memakainya ya.

Namun, sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam Obstetrics & Gynecology menemukan bahwa wanita yang mengenakan korset setelah menjalani bedah caesar mengalami lebih sedikit rasa sakit. Ini menunjukkan bahwa korset mungkin merupakan cara yang baik untuk mengatasi nyeri postpartum, Bunda.

Penelitian lain yang mendukung juga menyebutkan bahwa korset dapat membantu mengatasi rasa sakit, tanpa perbedaan perdarahan yang signifikan. Dokter kandungan Heather Bartos, M.D., mengatakan bahwa korset bahkan dapat membantu menghilangkan stretch mark pada kulit.

"Stretch mark terjadi ketika kulit berubah dengan cepat. Jadi, tetaplah melembapkan kulit setelah mandi dan menggunakan sesuatu seperti korset juga dapat membantu," ujar Bartos, dilansir Healthy Way.

Jika memutuskan untuk menggunakan korset, maka Bunda perlu memilih dengan tepat ya. Jangan sampai korset yang digunakan justru memperparah kondisi pasca persalinan.

Lalu bagaimana cara memilih korset seperti yang digunakan Felicya Angelista dan Fairuz A Rafiq? Baca halaman berikutnya.

Simak juga serba-serbi stretch mark pada Bunda hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS MEMILIH KORSET PASCA PERSALINAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!