sign up SIGN UP search


kehamilan

Rumput Fatimah Bisa Percepat Persalinan tapi Bahayakan Ibu & Janin

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 24 Jan 2022 12:27 WIB
BAHAYA RUMPUT FATIMAH UNTUK BUNDA DAN JANIN
Rumput fatimah banyak dipakai oleh ibu hamil, dipercaya melancarkan persalinan. caption

Rumput fatimah bekerja mirip obat perangsang kontraksi yang disebut obat oksitosin. Meski cara kerjanya sama, dosis keduanya berbeda.

Dosis obat oksitosin dapat ditentukan oleh dokter usai melihat kondisi Bunda. Sebaliknya, dosis rumput fatimah tidak diketahui secara pasti, Bunda.

"Kalau di kedokteran itu, ada pemberian obat oksitosin dengan dosis yang bisa diatur. Tapi kalau rumput fatimah, dosisnya tidak diketahui, sehingga ketika diminum, reaksinya langsung muncul dan ini yang bahaya," kata Suskhan.


Rumput fatimah bisa menimbulkan risiko pendarahan pada kehamilan. Pada kasus yang serius, tanaman ini bisa menyebabkan janin meninggal sebelum dilahirkan.

"Ditakutkan bayinya kaget dan bisa meninggal. Kadang-kadang minum rumput fatimah untuk merangsang supaya cepat melahirkan, tapi ternyata bayi enggak lahir juga dan tidak bergerak (meninggal) di dalam kandungan," ungkap Suskhan.

Suskhan mengatakan, rumput fatimah bisa dikonsumsi Bunda, tapi setelah melahirkan ya. tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Labisia pumila ini bisa merangsang kontraksi, sehingga mengurangi pendarahan pasca melahirkan.

"Mudah-mudahan para Bunda bisa lebih bijak untuk tahu kapan menggunakan rumput fatimah dan kapan tidak menggunakannya karena ada risiko," ujarnya.

(ank/rap)
kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!