sign up SIGN UP search


kehamilan

Tingkatkan Kesuburan Suami, Ini 6 Cara Mengentalkan Sperma

Nanie Wardhani   |   Haibunda Kamis, 10 Mar 2022 20:32 WIB
Doctor during consultation held in his hand and shows patient anatomical model of male sperm. Counseling of men and couples about male infertility, sperm pathology, impossibility to get pregnant caption

Kesuburan memang kerap menjadi permasalahan rumah tangga. Mungkin, masalah inilah yang sedang Bunda dan pasangan rasakan. Ada berbagai penyebab mengapa akhirnya permasalahan kesuburan menjadi muncul dan menghantui Bunda dan pasangan setiap malam.

Salah satu masalah kesuburan yang dihadapi pasangan Bunda adalah sperma yang tidak sehat, cair atau encer. Sperma yang tidak sehat tentunya akan memengaruhi kesuburan pria, terlebih, jika sperma encer untuk jangka waktu yang lama.

Selain sperma yang kental, ada beberapa ciri lain yang dapat Bunda perhatikan pada pasangan, apakah ia memiliki sperma yang sehat. Ciri atau tanda-tanda ini tidak sulit untuk dilihat, kok.


Tanda pasangan punya sperma yang sehat

Tidak butuh waktu yang lama untuk Bunda mengetahui tanda pasangan memiliki sperma yang sehat. Seperti yang dilansir dari berbagai sumber, ada tanda-tanda ilmiah yang bisa dilihat apakah pria punya sperma yang sehat atau perlu memperbaiki gaya hidupnya.

Tanda-tanda tersebut adalah:

1. Punya pinggang yang lebih kecil

Tidak, pasangan Bunda tidak perlu memiliki perut yang six-pack, tetapi jika pasangan Bunda sehat dengan pinggang yang tidak besar, maka besar kemungkinan ia punya sperma yang sehat.

Para peneliti dari Belanda mengungkapkan lingkar pinggang sebaiknya tidak lebih dari 40 inci. Jika lebih, apalagi dengan berat badan yang berlebih, dapat mengganggu pelepasan hormon seks, serta produksi dan perkembangan sperma.

2. Suka makan ikan

Sebentar, kira-kira apa hubungannya ya Bunda? Peneliti dari Harvard menemukan pria yang makan daging olahan ikan memiliki jumlah sperma berbentuk normal secara signifikan.

Ikan yang sangat direkomendasikan adalah tuna dan salmon. Pria dapat memiliki konsentrasi sperma 65 persen lebih banyak.

3. Gemar berolahraga

Para peneliti dari Harvard mengungkapkan pria yang rajin berolahraga sedang atau berat memiliki konsentrasi sperma yang tinggi. Olahraga memang memiliki manfaat untuk kesehatan reproduksi.

Olahraga membantu menurunkan berat badan, meningkatkan ekspresi antioksidan, dan apabila dilakukan secara teratur, olahraga dapat menjaga sel sperma dari radikal bebas yang dapat merusak.

ilustrasi spermaIlustrasi cara mengentalkan sperma/ Foto: iStock

Cara mengentalkan sperma

Nah, kini Bunda sudah mengenal ciri pada pasangan apabila ia memiliki sperma yang sehat. Kini, Bunda bisa memberi saran dan membantunya dalam membuatnya lebih percaya diri. 

Seperti yang dilansir Healthline, inilah cara mengentalkan sperma dan membuat sperma selalu sehat.

1. Turunkan berat badan

Jika pasangan Bunda memiliki berat badan berlebih atau overweight, maka kini saat yang tepat untuknya menurunkan berat badan. Berat badan bisa menjadi salah satu penyebab yang berhubungan dengan ketidaksuburan.

Bunda bisa membantunya mengatur pola makan, hingga berdiskusi dengan dokter atau profesional untuk menurunkan berat badannya.

2. Berolahraga secara teratur

Selain baik untuk kesehatan dan juga dapat menurunkan berat badan, berolahraga dapat meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan kesuburan. 

Namun, terlalu banyak berolahraga juga memiliki dampak yang buruk dan berefek sebaliknya.

3. Tidur yang cukup

Mungkin Bunda selama ini melihatnya terlalu banyak bekerja dan kurang mendapatkan waktu yang cukup untuk tidur. Pastikan pasangan Bunda bisa tidur yang cukup. Karena tidur yang cukup mampu menjaga kesehatan dan menjaga kualitas sperma.

4. Batasi alkohol

Bunda juga bisa mengingatkan pasangan Bunda untuk mengurangi konsumsi alkoholnya, jika ia sering meminumnya. Alkohol berat harus dihindari karena dapat merusak kualitas air mani.

Berbagai sumber juga menyebutkan, kebiasaan lainnya seperti merokok juga harus dibatasi atau bahkan berhenti.

5. Kurangi stres

Sulit untuk mendapatkan mood yang baik saat pasangan Bunda sedang merasakan stres. Stres sangat berpotensi mengurangi kepuasan seksual dan yang lebih mengancam adalah mengganggu kesuburan.

Untuk itu Bunda bisa membantu pasangan mengelola stresnya.

6. Perbaiki gaya hidup

Gaya hidup yang dimaksud berkaitan dengan pola asupan nutrisi yang berimbang. Ada berbagai asupan nutrisi yang dapat Bunda rekomendasikan kepada pasangan. Seperti memperbanyak vitamin D, vitamin C, atau makanan yang mengandung zinc dan anti-oksidan.

Vitamin seperti vitamin C akan membuat pasangan Bunda menaikkan motilitas sperma sebesar 92 persen, dan menaikkan jumlah sperma hingga 100 persen.

Itulah tanda pasangan memiliki sperma yang sehat dan berbagai cara untuk mengentalkan sperma. Semoga bermanfaat.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!