sign up SIGN UP search


kehamilan

Benarkah Konsumsi Kurma Muda Bermanfaat untuk Promil?

Kinan   |   Haibunda Minggu, 01 May 2022 13:47 WIB
Date - Fruit, Fruit, Food, Raw Food caption
Jakarta -

Kurma muda sampai saat ini masih dipercaya dapat memberi manfaat bagi program hamil alias promil. Tetapi, benarkah jenis kurma ini bermanfaat bagi kesehatan kesuburan wanita?

Menurut dokter spesialis kandungan, dr Riyan Hari Kurniawan, SpOG, kurma muda atau disebut kurma ruthob dinilai memiliki kandungan mineral dan antioksidan terbanyak.  Sebab semakin kurma matang atau tua, dipercaya kandungan keduanya dinilai makin berkurang.

"Artikel umum banyak yang mengatakan begitu (menyukseskan promil), tapi belum ada riset yang berhasil membuktikan klaim tersebut," kata Riyan, seperti dikutip dari CNN Indonesia.


Estrogen merupakan hormon perempuan yang diproduksi tubuh dan mendukung kesuburan. Sedangkan phytoestrogen merupakan zat mirip estrogen atau estrogen alami yang dimiliki kurma muda. 

Namun, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang benar-benar menyebutkan konsumsi kurma muda bermanfaat untuk promil secara langsung.

banner janin aktif di sebelah kiriFoto: haibunda.com/novita rizki

Riset yang ada baru sebatas pada hewan

Riset ilmiah yang mengaitkan antara konsumsi kurma muda dan promil hingga kini masih sebatas pada hewan saja. Dalam riset tersebut, ditemukan ada efek positif phytoestrogen pada tikus.

"Dituliskan ada sinkronisasi siklus, yang kalau diterjemahkan ke tubuh manusia itu sinkronisasi siklus menstruasi dan pematangan sel telur jadi sinkron sehingga fungsi pematangan telur baik, siklus haid lebih teratur, hormon lebih seimbang," jelasnya.

Manfaat kurma muda bagi kesehatan

Selain diklaim bermanfaat bagi promil alias kesuburan, secara umum kurma muda juga memiliki berbagai manfaat sehat lainnya lho, Bunda. Misalnya seperti:

1. Melancarkan sistem pencernaan

Konsumsi buah kurma muda baik dilakukan secara berkala karena memiliki manfaat melancarkan kerja sistem pencernaan. Alasannya, kurma muda mengandung serat tinggi yang membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

2. Menurunkan risiko anemia

Kandungan zat besi dalam kurma muda bisa Bunda manfaatkan untuk menurunkan risiko anemia. 

3. Menjaga kendali nafsu makan

Kurma muda memiliki kandungan gula lebih rendah dibandingkan dengan kurma kering. Maka dari itu, Bunda dapat memanfaatkannya untuk menjaga nafsu makan tetap terkendali. Bunda jadi kenyang lebih lama dan asupan kalori pun lebih terkontrol.

Baca selanjutnya di halaman berikutnya yuk, Bunda.

Tonton juga video jenis-jenis makanan asam folat untuk bumil:

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
CARA KONSUMSI KURMA MUDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!