sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Makanan 'Pembunuh' Sperma dan Kesuburan yang Perlu Dihindari saat Promil

Kinan   |   Haibunda Senin, 09 May 2022 22:50 WIB
Young Asian woman received a box full of colourful and fresh organic groceries ordered online by home doorstep delivery. She is planning to cook a healthy meal in the kitchen at home. Healthy eating lifestyle Ilustrasi makanan yang harus dihindari saat promil. Foto: Getty Images/AsiaVision
Jakarta -

Menjaga kesehatan tubuh menjadi prioritas utama saat menjalani promil. Termasuk salah satunya menghindari makanan-makanan tertentu, yang diyakini memengaruhi kesuburan pasutri.

Ya, beberapa jenis makanan tertentu dipercaya dapat 'membunuh' sperma dan juga memengaruhi kesuburan Bunda. Maka dari itu, memilih makanan pun harus cermat, Bunda.


Selain itu, langkah lain yang tak boleh diabaikan yakni memperhatikan tingkat kematangan makanan. Saat promil, pastikan setiap makanan yang Bunda konsumsi sudah matang sempurna.

Ini penting untuk memastikan tubuh Bunda mendapatkan cukup asupan mineral, vitamin, dan nutrisi lain sesuai kebutuhan demi persiapan kehamilan.

Apa saja jenis makanan 'pembunuh' sperma yang wajib dihindari saat promil? Berikut ulasannya seperti dilansir berbagai sumber:

1. Makanan kalengan

Makanan kalengan seperti kornet atau ikan sarden menjadi salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari pasutri saat promil. Alasannya, jenis makanan ini umumnya mengandung bisphenol-A yang dapat menurunkan kualitas dan kuantitas sperma.

Untuk mendapatkan nutrisi terbaik yang dibutuhkan, pastikan Bunda dan suami mengonsumsi makanan dalam bentuk segar dan bukan kemasan, ya.

banner janin aktif di sebelah kiriFoto: haibunda.com/novita rizki

2. Makanan tinggi lemak trans

Makanan tinggi lemak trans, termasuk seperti makanan cepat saji, sebaiknya dihindari saat sedang promil. Dilansir Parenting First Cry, penelitian menunjukkan bahwa makanan tinggi lemak trans berkaitan dengan penurunan kesuburan.

Selain itu, berlebihan mengonsumsi makanan tinggi lemak trans juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, berat badan, dan menghambat produksi insulin.

3. Produk kedelai

Dikutip dari The University of Chicago Medicine, peneliti mengungkap bahwa produk kedelai mengandung fitoestrogen (senyawa mirip estrogen yang berasal dari tumbuhan). 

Sebuah penelitian terhadap 99 pria dari klinik kesuburan di Boston menyimpulkan bahwa asupan kedelai yang berlebihan dapat menurunkan konsentrasi sperma. Jadi jika tetap ingin mengonsumsi produk kedelai, batasi porsinya dan sebaiknya tidak berlebihan.

4. Produk susu tinggi lemak

Dalam The Rochester Young Men's Study, analisis sperma dan diet dari 189 pria berusia antara 18-22 tahun, menunjukkan bahwa produk susu tinggi lemak (misalnya susu, krim, dan keju) dikaitkan dengan penurunan motilitas sperma dan bentuk sperma abnormal. 

Baca selanjutnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Tonton juga video jenis-jenis makanan kaya asam folat:

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
DAGING OLAHAN, MAKANAN TINGGI GULA, DAN ALKOHOL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!