sign up SIGN UP search


kehamilan

Mimpi Hamil dalam Islam, Apa Artinya Bila Dimimpikan Wanita Belum Punya Anak?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 05 May 2022 13:20 WIB
Ibu Hamil Muslim caption
Jakarta -

Mimpi adalah bunga tidur. Banyak orang percaya kalau setiap mimpi memiliki makna, termasuk mimpi hamil.

Lalu apa benar mimpi hamil dalam Islam memiliki makna khusus, Bunda? Sebelum kita membahasnya, Bunda perlu pahami dulu tentang makna mimpi secara khusus dalam Islam.

Muhammad Ibnu Sirin dalam buku Tafsir Mimpi: Menurut Al-Quran & As-Sunnah menjelaskan, mimpi dalam Islam dibagi menjadi dua, yakni mimpi dari Allah SWT dan mimpi yang berasal dari setan. Rasulullah bersabda:


"Ar-ruya 'mimpi kebaikan' berasal dari Allah, sedang Al-hulmu 'mimpi buruk' berasal dari setan." (HR Muslim)

Mimpi yang baik adalah mimpi yang benar, yakni yang membawa kabar gembira dan peringatan. Mimpi inilah yang dinilai oleh Rasulullah sebagai dari 46 bagian kenabian.

Bunda perlu tahu, kadang-kadang orang kafir dan orang fasik juga mengalami mimpi yang benar. Mimpi yang tidak disukai adalah yang berasal dari setan.

Untuk mimpi yang tidak disukai, Nabi SAW menyuruh kita untuk merahasiakannya dan meludah ke arah kiri serta beliau menjanjikan bahwa barangsiapa yang berbuat demikian, maka mimpi tersebut tidak akan mencelakakannya.

"Mimpi yang tidak disukai itu ada yang menimbulkan ketakutan, kesedihan, kebatilan, atau yang menimbulkan fitnah, tipu daya, dan kecemburuan," ujar Muhammad Ibnu Sirin.

"Mimpi yang tidak disukai ialah mimpi yang tidak memperingatkan manusia dari dosa, tidak memperingatkannya dari dosa, kelalaian, dan tidak mencegahnya dari aneka perbuatan yang mencelakakan," sambungnya.

Sementara itu, mimpi yang benar terbagi menjadi dua bagian. Pertama, mimpi yang jelas dan nyata, sehingga tidak memerlukan penjelasan dan takwil. Kedua adalah mimpi yang samar, implisit, dan mengandung hikmah serta informasi dalam esensi mimpinya itu.

Bunda perlu memahami bahwa mimpi diciptakan Allah. Mimpi yang benar terjadi ketika malaikat yang mendampingi seseorang itu berada di sisinya. Sebab, mimpi tersebut disandarkan kepada-Nya.

"Allah menciptakan aneka mimpi buruk ketika setan berada di samping seseorang, lalu mimpi tersebut disandarkan kepadanya. Orang yang menceritakan mimpi yang dusta berarti mengada-ada atas nama Allah," ujar Muhammad Ibnu Sirin.

Makna mimpi dapat dijadikan analogi, pengambilan pelajaran, penyerupaan, dan dugaan. Tapi, mimpi tak boleh dijadikan pertimbangan dan dianggap benar kecuali bila kebenarannya terwujud di dunia nyata atau ada tanda-tanda yang menunjukkan kebenaran itu.

Salah satu mimpi yang mungkin dialami seseorang adalah mimpi hamil. Dalam Islam, mimpi hamil sebenarnya memiliki banyak arti, Bunda.

Simak juga 3 penyebab utama ibu hamil alami dehidrasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
MIMPI HAMIL DALAM ISLAM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!