sign up SIGN UP search


kehamilan

Manfaat Vaksin HPV untuk Cegah Kanker Serviks, Dapat Diberikan Sejak Anak-anak

dr. Alexander Mukti, Sp.OG   |   Haibunda Jumat, 29 Apr 2022 14:00 WIB
PENTINGNYA VAKSIN HPV DAN PAP SMEAR UNTUK DETEKSI DINI KANKER SERVIKS
Young doctor giving COVID 19 vaccine to young woman at home caption

Tujuan vaksin HPV

Tujuan vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks. Vaksin ini tidak bisa digunakan untuk menentukan penyebaran virus HPV pada seseorang yang sudah terkena kanker rahim.

vaksin HPV diciptakan karena sejak dulu banyak orang menyatakan bahwa penyebab kanker adalah keturunan. Namun, data scientific menemukan bahwa ada kanker yang disebabkan oleh virus, dan ini adalah HPV. Dari situ, ilmuwan menciptakan vaksin yang bisa mencegah virus HPV, penyebab kanker serviks.

Pemberian vaksin HPV sangat penting untuk meningkatkan usia harapan hidup di sebuah negara. Di Indonesia, kanker serviks menjadi kanker terbanyak kedua pada wanita, menurut data tahun 2020.


Siapa saja yang bisa mendapatkan vaksin HPV?

Vaksin HPV dapat diberikan pada pria dan wanita, tapi lebih diutamakan pada wanita. Berikut wanita yang bisa mendapatkannya:

  1. Rekomendasi pemberian vaksin HPV bisa diberikan dari usia 9 sampai 26 tahun. Anak-anak bisa mulai menerima vaksin ini mulai usia 9 tahun dan usia paling optimal dalam menerima vaksin HPV di usia 26 tahun.
  2. Wanita yang belum aktif secara seksual.
  3. Wanita yang mengalami immunokompresi, seperti HIV atau autoimun.
  4. Vaksin dapat diberikan pada wanita di atas 30 tahun, tapi syaratnya belum aktif secara seksual.
  5. Vaksin juga boleh diberikan pada wanita yang aktif secara seksual, tapi sebaiknya belum pernah terinfeksi HPV dan tidak sedang terkena kanker serviks.

Wanita yang pernah terinfeksi HPV juga bisa mendapatkan vaksin. Tapi, penelitian terkait efeknya belum cukup.

Beberapa penelitian menyatakan vaksin bisa menurunkan grading dari infeksi HPV, tapi penelitian tersebut tidak boleh dijadikan landasan untuk divaksin. Kalau bisa sebelum ada infeksi HPV, seorang wanita sudah divaksin HPV.

Dosis vaksin HPV dibagi berdasarkan usia, yakni:

  • Usia 9 sampai 15 tahun diberikan dua dosis dengan jarak 0-6 bulan atau 0-12 bulan. Jadwal pemberiannya dengan rentang 6 atau 12 bulan antara dosis pertama hingga dan kedua.
  • Usia di atas 15 tahun diberikan 3 dosis dengan jarak 0-1-6 bulan, yakni dosis pertama dan kedua berjarak 1 bulan, selanjutnya dosis kedua dan dosis ketiga dengan jarak 6 bulan. Bisa juga diberikan dengan jarak 0-2-6 bulan.

Sudah vaksin HPV, jangan lupa pap smear!

Pemberian vaksin HPV dan pap smear saling melengkapi. Bagi Bunda yang sudah vaksin HPV, jangan lupa untuk tetap melakukan papsmear. Sebab, virus ini tak hanya menyebabkan kanker serviks.

Vaksin HPV dan pap smear adalah tindakan preventif atau pencegahan. Bila sudah vaksin, Bunda perlu pap smear, tapi bisa untuk melonggarkan jadwal pemeriksaannya.

Namun, apakah vaksin HPV ini boleh diberikan pada ibu hamil? Simak di halaman selanjutnya!

APAKAH IBU HAMIL BOLEH MENDAPATKAN VAKSIN HPV?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!