sign up SIGN UP search


kehamilan

Hamil di Atas Usia 35 Tahun, Dian Ayu Lakukan USG Fetomaternal Nih Bun

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 21 May 2022 18:05 WIB
Dian Ayu Lestari, istri Ananda Omesh saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru. caption
Jakarta -

Artis cantik Dian Ayu Lestari tengah hamil anak ketiga nih, Bunda. Belum lama ini, Dian Ayu menjalani pemeriksaan ke dokter dan melakukan USG fetomaternal.

Hal tersebut terlihat dari unggahannya belum lama ini. Istri Ananda Omesh itu membagikan foto USG wajah bayinya.

"Hamil sih udah ketiga kali, tapi kali ini cek fetomaternal untuk lihat kondisi janin secara detail (sampai ke lensa mata-nya mashaallaahh)," tulis Dian Ayu, dilansir di Instagram, Jumat (20/5/22).


Dalam unggahannya, Dian Ayu juga menjelaskan alasannya melakukan USG fetomaternal nih. Menurutnya, pemeriksaan ini sangat disarankan untuk Bumil yang usianya 35 tahun ke atas seperti dirinya.

"Mengingat usia saya yg gak muda lagi alias 35 tahun ke atas, sungguh sangat disarankan demi kebaikan ibu dan janin," ujarnya.

USG fetomaternal adalah salah satu pemeriksaan untuk melihat kondisi janin dalam kandungan. USG ini biasanya dilakukan untuk mendeteksi kelainan pada janin dan kehamilan dengan risiko tinggi.

Secara umum, Ultrasound (USG) kehamilan adalah pemeriksaan yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk melihat bayi yang sedang berkembang, serta organ reproduksi Bunda. Dilansir Healthline, USG adalah tes yang dapat membantu memantau perkembangan janin normal dan mendeteksi masalah atau kelainan pada janin.

Ada jenis USG standar hingga yang paling canggih, yakni USG 3D atau 4D. Untuk mendeteksi kelainan pada janin, Bumil dapat menjalani USG 4D atau USG fetomaternal yang dilakukan dokter fetomaternal.

Menurut ulasan di laman Hirslanden, dalam dunia medis, kedokteran fetomaternal adalah spesialisasi dalam ginekologi dan kebidanan. Profesi ini melibatkan penerapan ilmu pengetahuan dan keterampilan khusus untuk ibu hamil dan janin yang berisiko tinggi saat dilahirkan.

Melalui pemeriksaan USG fetomaternal, dokter akan mengenali kelainan, serta mengambil keputusan untuk melakukan operasi kebidanan yang berisiko tinggi.

Lalu seberapa penting USG fetomaternal untuk Bunda berusia di atas 35 tahun?

Simak juga 3 penyebab janin meninggal dalam kandungan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
USG FETOMATERNAL UNTUK BUNDA BERUSIA DI ATAS 35 TAHUN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!