sign up SIGN UP search


kehamilan

Janin Kecil karena Bundanya Mungil? Ketahui Penyebab BB Janin Rendah Bun

Melly Febrida   |   Haibunda Sabtu, 11 Jun 2022 11:40 WIB
Young Asian pregnancy woman holding tummy with both hands sitting on sofa at home. Pregnant girl look, touch at stomach. Feeling of baby inside belly. Thinking of newborn infant be delivered in future caption

Jakarta - Berat badan janin menjadi salah satu ukuran tenaga medis untuk mengetahui pertumbuhannya di dalam kandungan. Apa betul jika ibunya bertubuh mungil lalu bayi yang di kandungan juga kecil?

Joseph Aquilina, seorang konsultan dokter kandungan dan ginekolog terkemuka di Royal London Hospital menjelaskan beberapa bayi memang lebih kecil daripada yang lainnya dan latar belakang keluarga ternyata sangat penting, Bunda.

"Hingga 70 persen bayi yang tergolong kecil untuk usia kehamilan tumbuh dengan baik, dengan mempertimbangkan etnis dan ukuran ibunya. Bayi-bayi ini disebut 'kecil secara konstitusional'," kata Aquilina.


Orang tua yang lebih pendek dan beratnya kurang dari rata-rata orang Eropa, atau yang lahirnya kecil, mungkin memiliki anak yang lebih kecil.

Di Inggris, bayi yang lahir dari orang tua yang berasal dari India, Asia atau etnis kulit hitam, lebih cenderung memiliki berat badan lahir rendah daripada bayi yang lahir dari orang tua kulit putih atau China.

Banner Bumil dan Janin LaparBumil dan Janin Lapar/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Cara mengetahui BB bayi

Jika ukuran dan berat janin kurang dibandingkan janin lainnya dengan jenis kelamin yang sama, tenaga medis mungkin memperkirakan nantinya bayi tersebut lahir dengan berat badan yang rendah. Ini artinya, bayi Bunda cenderung lebih kecil daripada bayi lain ketika lahir.

"Sekitar tujuh dari setiap 100 bayi yang lahir di Inggris memiliki berat badan lahir rendah. Beberapa, tetapi tidak semua, berat badan lahir rendah disebabkan karena lahir lebih awal atau karena pertumbuhan bayi terhambat di dalam rahim karena alasan tertentu," kata Aquilina dikutip dari Baby Center.

Dokter maupun Bidan mungkin menggunakan istilah lain untuk menggambarkan pertumbuhan bayi, seperti:

  • Kecil saat lahir
  • Kecil untuk usia kehamilan (SGA)
  • Pembatasan pertumbuhan janin (FGR)
  • pembatasan pertumbuhan intrauterin (IUGR)

Secara tradisional, bayi yang tergolong kecil di usia kehamilan jika ukurannya lebih kecil dari 90 persen bayi lain pada tahap yang sama. Jadi tidak melihat ukuran orang tuanya atau riwayat keluarganya. 

Karena itulah menurut Aquilina bidan disarankan menggunakan grafik pertumbuhan yang disesuaikan, dengan menghitung tinggi dan berat badan Bunda, latar belakang etnis, jenis kelamin bayi, dan berapa banyak bayi yang Bunda miliki sebelumnya.

"Dokter dan bidan tidak selalu mudah memperkirakan ukuran bayi dalam kandungan (rahim),"ujarnya.

Bidan akan mengetahui ukuran bayi di kehamilan selanjutnya dengan mengukur perut dan menghitung tinggi fundus. Ini adalah ukuran dalam sentimeter dari tulang kemaluan  ke bagian atas rahim. Tinggi fundus biasanya sama dengan jumlah minggu kehamilan. 

"Jadi ketika hamil 32 minggu, ukuran ibu harus berada di antara 30 cm dan 34 cm (12 inci dan 13 inci)," jelas Aquilina.

Apabila ini adalah bayi pertama Bunda, bidan akan menghitung dari sekitar 25 minggu. Tapi jika Bunda sudah pernah memiliki bayi sebelumnya, akan dihitung sekitar 28 minggu.

Tinggi fundus itu yang akan memberikan gambaran kasar tentang ukuran dan pertumbuhan bayi. Jika bidan atau dokter khawatir, Bunda akan dirujuk untuk melakukan pemindaian ultrasound, untuk memeriksa apakah bayi benar-benar kecil atau tumbuh lebih lambat dari yang seharusnya.

Bunda juga akan merujuk pemindaian jika sulit mengukur tinggi fundus dengan akurat. Ini mungkin terjadi jika Bunda memiliki fibroid yang besar atau mengalami obesitas.

Untuk tahu penyebab bayi kecil lainnya klik halaman berikutnya ya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang pertumbuhan berat janin normal menurut dokter.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PENYEBAB BAYI KECIL DI KANDUNGAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!