sign up SIGN UP search


kehamilan

Ingin Ayah Lebih Aware dengan Kehamilan Bunda? Kenalkan Kelas Edukasi Bumilpamil

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 06 Jun 2022 18:10 WIB
Loving man hugging his pregnant wife from behind standing near window at home, copy space caption
Jakarta -

Bunda berencana melahirkan di Bidan? Yuk, mulai persiapkan proses persalinan ini bersama Si Ayah agar lancar hingga tiba HPL.

Bidan Jamilatus Sa'diyah mengatakan bahwa peran Ayah sangat penting dalam proses persalinan dan kehamilan sehat. Kehadiran Ayah dapat memengaruhi kondisi fisik hingga emosional Bunda dan buah hati dalam kandungan.

"Jadi biasanya bapak-bapak agak sulit karena mungkin berat, dari budaya kita juga yang dianggap mengurus anak adalah tugas ibu saja," kata wanita yang akrab disapa Mila ini saat dihubungi HaiBunda, Senin (6/6/22).


"Padahal persiapan Ayah juga penting, ibaratnya saham sama 50:50, jadi perannya harus sama besar dengan ibu. Peran Ayah ini bisa memengaruhi kesehatan fisik, emosi, psikologi si bayi," sambungnya.

Banner Cara Percepat Pembukaan Saat PersalinanCara Percepat Pembukaan Saat Persalinan/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Lebih lanjut Mila mengatakan, peran penting Ayah bisa dimulai dengan mendapatkan edukasi tentang kehamilan. Setidaknya, Ayah dapat membantu dengan mendengarkan keluhan Bunda untuk meringankan ketidaknyamanan yang dialami selama mengandung buah hati.

Edukasi bisa didapatkan ketika Ayah rutin mengantarkan Bunda kontrol ke bidan. Ayah akan mengetahui kondisi janin hingga perubahan yang dialami Bunda saat hamil.

"Mulai dari edukasi, Ayah diajak saja. Bukan hanya cek jenis kelamin, tapi fisik ibu dan bayi, seperti posisi bayi, detak jantung bayi, dan plasenta. Untuk ibunya, bisa tahu tensi oke atau enggak," ujar Mila.

"Dengan rutin ikut periksa kehamilan istri, awareness Ayah jadi terbangun dan yang paling penting ada koneksi antara ibu, ayah, dan janin. Ini sangat bermanfaat untuk janin, berdampak pada kesehatan emosi dan psikologisnya."

Selama masa kehamilan, Ayah juga bisa ikut kelas edukasi untuk mendapatkan pengetahuan seputar kondisi Bunda dan janin. Salah satunya adalah kelas hypnobirthing dan childbirth education yang bisa Bunda dan Ayah dapatkan di Bumilpamil nih. 

Enggak perlu lama-lama kok, Bunda, cukup beritahu Ayah untuk menyisakan waktu selama 8 jam untuk mengikuti dua kelas ini. Ayah dan Bunda bisa mendapatkan banyak manfaat setelah mengikuti kelas dan siap untuk melahirkan di bidan.

"Mereka habis selesai kelas tersebut jadi lebih semangat untuk berperan aktif, 'Oh, ternyata kehamilan ini bukan cuma sebuah proses keluarnya bayi, tapi ada sebuah makna bahwa janin sudah punya spirit dan janin ternyata punya visi misi untuk menghadapi dunia'," ungkap Mila.

Selain kedua kelas tersebut, Ayah pun bisa ikut kelas breastfeeding, newborn care, dan couple yoga. Melalui kelas-kelas ini, harapannya Ayah bisa lebih aware terhadap kondisi Bunda dan buah hati.

Nah, selain masa kehamilan, peran Ayah juga penting di masa nifas. Selengkapnya dapat dibaca di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 tes kehamilan yang sebaiknya dilakukan jelang melahirkan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
PERAN AYAH DI MASA NIFAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!