sign up SIGN UP search


kehamilan

Tes Kehamilan dengan Denyut Nadi Tangan, Seberapa Akurat Menurut Ahli?

Arina Yulistara   |   Haibunda Sabtu, 11 Jun 2022 14:00 WIB
Akuratkah tes kehamilan menggunakan denyut nadi tangan caption

Jakarta - Kehamilan menjadi salah satu momen yang ditunggu para Bunda pejuang garis dua. Selain menggunakan test pack, bisakah melakukan tes kehamilan dengan denyut nadi saja?

Beberapa dari Bunda mungkin tidak mau kecewa dengan melakukan tes kehamilan langsung ke dokter atau menggunakan test pack. Bunda berusaha melakukan tes kehamilan lebih dulu dengan perubahan tubuh hingga denyut nadi. Seperti apa caranya ya?

Denyut nadi ibu hamil memang sedikit berbeda dengan wanita yang sedang tidak mengandung. Ada perubahan pada denyut nadi ibu hamil yang mungkin Bunda sadari pada awal masa kehamilan. 


Meski demikian, bisakah tes kehamilan dengan denyut nadi saja tanpa menggunakan alat tes hamil? Mari kita bahas mengenai tes kehamilan dengan denyut nadi.

Tes kehamilan dengan denyut nadi

Tes kehamilan dengan denyut nadi seringkali digunakan sebagai cara pemeriksaan tradisional. Memang saat hamil, terdapat peningkatan denyut nadi.

Tes kehamilan dengan denyut nadi bisa dilakukan dengan meraba pergelangan tangan untuk menghitung denyut nadi Bunda selama satu menit. Denyut nadi ibu hamil umumnya sekitar 80 sampai 100 denyut per menit. Sementara wanita dewasa normal yang tidak hamil sekitar 60 hingga 80 denyut per menit.

"Begitu seseorang hamil, hormon akan meningkat dan menyebabkan sistem pembuluh darah perifer menjadi rileks, menyesuaikan volume plasma," kata G. Thomas Ruiz, MD, dokter obgyn di MemorialCare Orange Coast Medical Center di Fountain Valley, California, dilansir Live Strong.

Dokter juga sering mengecek denyut nadi Bunda saat hamil untuk mengetahui apakah jantung bekerja dengan baik  selama masa kehamilan? Ini karena jumlah darah ibu hamil bisa meningkat 40 persen dibanding wanita umumnya. 

Peningkatan darah terjadi karena calon buah hati dalam kandungan Bunda butuh suplai darah demi tumbuh kembangnya. Tidak hanya itu, suplai darah juga digunakan untuk mendapatkan oksigen dalam perut Bunda. 

Tes kehamilan dengan denyut nadi apakah akurat?

Mungkin Bunda juga bertanya-tanya, apakah tes kehamilan dengan denyut nadi saja akurat? Tentu tidak, Bunda. Diperlukan mengecek tanda-tanda lain yang menjadi gejala awal kehamilan. 

Simak penjelasan selanjutnya di halaman berikut!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga tanda hamil lainnya dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
TANDA KEHAMILAN SELAIN TES DENGAN DENYUT NADI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!