sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Jamu Andalan dari Berbagai Negara untuk Lancarkan Haid

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Minggu, 12 Jun 2022 11:40 WIB
Woman lying on sofa looking sick in the living room. Beautiful young woman lying on bed and holding hands on her stomach. Woman having painful stomachache on bed, Menstrual period caption

Jakarta - Drama haid pada Bunda kadang cukup mengkhawatirkan ya, Bunda. Misalnya gangguan menjelang haid alias pre menstrual syndrome (PMS), bisa bikin Bunda uring-uringan dan mellow dalam waktu  bersamaan.

Belum lagi jika mengalami nyeri saat haid. Cukup menyulitkan, Bunda. Drama belum berakhir, karena haid pada Bunda selain sering berbeda siklusnya, kadang ada yang tidak lancar dan tidak beraturan datangnya. 

Itulah mengapa banyak alternatif pengobatan yang akhirnya diterapkan para Bunda ya. Selain berobat medis, ada juga Bunda yang masih cocok menggunakan pengobatan tradisional. Salah satunya melalui konsumsi jamu nih, Bunda. Salah satu di antara  warisan nenek moyang yang sangat lekat dengan kehidupan para Bunda. 
 
Bukan di Indonesia saja, jamu atau obat herbal juga menjadi alternatif pengobatan di belahan dunia lainnya kok, Bunda. Lantas, apa saja ya jamu yang dipercaya bisa melancarkan haid? Yuk simak terus ya.


Banner Bumil dan Janin Lapar Bumil dan Janin Lapar/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Jamu khas atasi haid dari berbagai negara

Mengutip dari Motherearthliving, setiap negara mempunyai tanaman khas yang bisa dijadikan bahan alami mengobati gangguan haid, Bunda. Di antaranya :

1. Pohon suci atau chaste tree

Daun chaste tree juga dikenal sebagai pohon suci berry. Daun ini sering ditemukan di wilayah Asia Tenggara atau Mediterania, Bunda. Penduduk sekitar juga sering kali menyebutnya nirgundi yang dalam bahasa Sansekerta berarti ayuverda, kata lain dari obat alami yang dapat mengobati segala jenis penyakit.

Pada gangguan haid, obat ini diyakini dapat meningkatkan aliran darah haid, Bunda. Dengan kata lain, haid Bunda akan lancar. Namun jika Bunda meminumnya menjelang masa haid, dipercaya Bunda akan terhindar dari kram perut selama masa haid. 

2. Dong quai

Salah satu obat yang berasal dari pegunungan China, Korea, dan Jepang. Tanaman ini memiliki aroma harum yang masih anggota keluarga seledri. Dong quai kadang-kadang disebut ginseng perempuan, Bunda.

Akarnya digunakan selama lebih dari seribu tahun sebagai rempah-rempah, tonik, dan obat di China, Korea, dan Jepang. Tanaman ini masih sering digunakan dalam pengobatan tradisional China yang biasanya dikombinasikan dengan tumbuh-tumbuhan lainnya. 

Dalam pengobatan China, tanaman ini paling sering digunakan untuk mengobati masalah reproduksi perempuan, seperti dismenore (nyeri haid), dan dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi.

ilustrasi jamu5 Jamu Andalan dari Berbagai Negara untuk Lancarkan Haid  / Foto: iStock


3. Black cohosh

Akar black cohosh (Cimicifuga racemosa) digunakan oleh penduduk asli Amerika untuk mengobati ketidakteraturan haid dan memudahkan persalinan, Bunda. 

Dalam ulasan Motherearthliving, disebutkan bahwa black cohosh secara luas diresepkan oleh dokter di Amerika abad kesembilan belas dan terdaftar di Farmakope AS untuk merangsang haid dan mengobati dismenore.

Kita lanjutkan ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang bedanya flek cokelat sebagai tanda hamil atau haid.

[Gambas:Video Haibunda]



KUNYIT ASAM DAN WEDANG JAHE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!