sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Cara Atasi Morning Sickness untuk Ibu Hamil yang Bekerja di Kantor

Khesedtov Bana   |   Haibunda Senin, 13 Jun 2022 16:23 WIB
Cropped image of a pregnant businesswoman working on her laptop in the office caption

Morning sickness merupakan kondisi mual dan muntah yang biasanya dialami ibu di masa awal kehamilan. Bagi Bunda yang sehari-hari melakukan rutinitas di rumah, melawan morning sickness mungkin akan terasa lebih mudah. Namun bagaimana dengan Bunda yang memulai aktivitasnya untuk bekerja di kantor?

Bekerja sejak dini hari sambil melawan rasa mual dan muntah tentu tidak mudah, apalagi Bunda harus sering ke kamar mandi untuk mengatasinya.

Bila Bunda adalah seorang working mom, hamil sambil bekerja kantoran bukanlah hal yang mudah. Bekerja dengan berbagai tugas atau target akan memberi tekanan sendiri.


Apalagi saat hamil, akan terjadi perubahan hormon, mood, fisik maupun psikis dapat membuat aktivitas Bunda terganggu. Apalagi, jika Bunda mengandung di trimester pertama dan masih aktif bekerja.

Trimester satu, saat Bunda alami mual atau morning sickness, pasti akan membuat pekerjaan yang Bunda jalani jadi melelahkan, bahkan kewalahan. Menyeimbangkan dua kegiatan ini menjadi tantangan tersendiri bagi Bunda.

Banner Risiko Hamil di Usia 35 TahunRisiko Hamil di Usia 35 Tahun/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Saat alami mual, namun tetap harus bekerja, hal pertama yang harus dipikirkan adalah cara Bunda sampai ke kantor dengan selamat. Baiknya, Bunda membuat rencana perjalanan. Jika, merasa mual diikuti pusing dan menjadi kesulitan membawa kendaraan pribadi, baiknya Bunda mulai mempertimbangkan menggunakan taksi, layanan transportasi daring, atau transportasi publik.

Walau tetap tidak memungkinkan bagi Bunda untuk menggunakan alternatif transportasi lain, setidaknya ada beberapa hal yang bisa Bunda siapkan untuk menghadapi morning sickness dalam perjalanan, yakni:

1. Mengisi gelas dengan air dingin

Air dingin dapat membantu menenangkan perut Bunda, dapat berguna juga untuk mencuci muka atau mulut jika dibutuhkan. Air juga membantu Bunda tetap terhidrasi.

2. Menurunkan kaca mobil

Menghirup udara segar sebisa mungkin, ya Bunda. 

3. Menyiapkan kantong muntah

Bunda bisa menyiapkan kantong muntah di mobil, atau di dalam tas.

4. Beri waktu lebih

Bila dalam perjalanan merasa mual atau muntah tidak tertahankan, pastikan Bunda berhenti dan memberi waktu untuk tubuh melewati rasa mual tersebut ya.

Tips hadapi morning sickness di kantor

Ketika Bunda sudah sampai di kantor, ada pula beberapa hal yang bisa Bunda siapkan untuk menyambut morning sickness di sela-sela pekerjaan, seperti:

1. Menyimpan kain pendingin di dalam kulkas kecil

Menggunakan kain pendingin pada jidat akan membuat Bunda merasa lebih baik. Menyimpan dalam kulkas akan membuat kain siap digunakan kapan saja.

2. Menyediakan snack

Mengonsumsi makanan ringan dapat membantu Bunda melawan rasa mual. Pilihan yang mudah adalah dengan mengonsumsi biskuit asin, es krim dari buah segar, atau granola bar.

Kita lanjut ke halaman selanjutnya ya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang perbedaan mual dan maag hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
TIPS ATASI RASA MUAL DI KANTOR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!