sign up SIGN UP search


kehamilan

Coba 4 Metode Ini untuk Tingkatkan Peluang Bunda Hamil Bayi Laki-laki

Melly Febrida   |   Haibunda Selasa, 14 Jun 2022 16:00 WIB
Adorable baby boy in white sunny bedroom. Newborn child relaxing in bed. Nursery for young children. Textile and bedding for kids. Family morning at home. New born kid during tummy time with toy bear. caption

Saat merencanakan kehamilan, kita tentu tak bisa menentukan jenis kelamin Si Kecil karena itu merupakan kuasa Tuhan Yang Maha Esa. Meski begitu, wajar saja kok bila Bunda dan Ayah menginginkan jenis kelamin tertentu karena beragam pertimbangan.

Seperti, karena anak pertama sudah mendapatkan perempuan, Bunda pun menginginkan kehadiran anak laki-laki. Lalu apa upaya yang bisa dilakukan?

Dr Karen Gill, dokter anak bersertifikat mengatakan ketika kita berbicara tentang jenis kelamin bayi, hal itu berkaitan dengan kromosom bayi, yakni kombinasi XY yang dianggap sebagai laki-laki. 


Apa ada cara yang menjamin peluang Bunda hamil anak laki-laki? Gill bilang tidak ada. Tidak ada jaminan bayi yang Bunda kandung itu berjenis kelamin laki-laki.

"Secara umum kira-kira 50/50 kemungkinan memiliki anak laki-laki atau perempuan jika semuanya diserahkan kepada alam. Semuanya bermuara pada sperma yang memenangkan perlombaan, dan jutaan dari mereka berlomba," jelas Gill dilansir Healthline.

Banner Mesin Cuci di Bawah Harga Rp2 Juta

Menariknya, sebuah studi pada 2008 menunjukkan bahwa ayah dapat menentukan apakah nantinya memiliki anak laki-laki atau perempuan. Kromosom dalam sperma tidak hanya menentukan jenis kelamin bayi, tetapi beberapa ayah mungkin cenderung memiliki lebih banyak anak laki-laki atau perempuan.

Pada penelitian ini, pria mungkin mewarisi kecenderungan untuk memiliki lebih banyak anak laki-laki atau perempuan dari orang tuanya, yang mungkin berarti bahwa beberapa pria menghasilkan lebih banyak sperma kromosom Y atau X. 

"Jadi, jika seorang pria memiliki lebih banyak saudara laki-laki, ia mungkin juga memiliki lebih banyak anak laki-laki," ujar Gill.

Jika Bunda benar-benar menginginkan hamil anak laki-laki, beberapa orang tua memberikan saran yang katanya berhasil pada mereka. Namun, beberapa dari saran ini belum terbukti secara ilmiah dapat menjamin hasilnya, tetapi orang-orang tetap mencobanya.

1. Diet

Bunda yang ingin hamil anak laki-laki, caranya dengan mengonsumsi lebih banyak kalori. Ini dilakukan penelitian pada 2008 terhadap 740 wanita dan ditemukan hubungan keduanya.

Dengan hasil penelitian ini, bukan berarti Bunda makan dengan menambah ukuran porsi serta makan sepanjang hari. 

Pregnant woman with her husband holding ultrasound scan and blue and red post its with words boy or girlCoba 4 Metode Ini untuk Tingkatkan Peluang Bunda Hamil Bayi Laki-laki/ Foto: iStock

Gill mengingatkan agar tetap dengan kebiasaan makan sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, serta camilan rendah gula.  

Studi tersebut juga mencatat bahwa, “Wanita yang melahirkan bayi laki-laki mengonsumsi lebih banyak sereal pada sarapan daripada mereka yang memiliki bayi perempuan.” 

Selain itu ada teori lain yang menyebutkan daging merah, makanan kaya kalium seperti pisang, dan hidangan asin bisa dicoba jika menginginkan anak laki-laki.

Cara lain agar hamil anak laki-laki bisa klik halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang tips hamil anak perempuan dan laki-laki.

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
CARA HAMIL BAYI ANAK LAKI-LAKI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!