sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Arti Mimpi Keguguran saat Hamil, Mungkin Bunda Takut Kehilangan Sesuatu

Melly Febrida   |   Haibunda Selasa, 14 Jun 2022 20:50 WIB
Awoken lonely scared young woman insomniac lying in bed alone suffer from insomnia or disturbing nightmare dream feel depressed anxious worried of problem afraid can not sleep concept, above top view caption

Beberapa Bunda mengalami gangguan tidur ketika hamil. Entah itu insomnia ataupun bermimpi buruk. Hampir semua orang bermimpi ketika tidur dan saat itu orang tersebut melihat gambar serta merasakan emosi dari mimpi. Begitu pula ketika bumil bermimpi keguguran, apa arti dari mimpi tersebut?

Valinda Nwadike, dokter spesialisasi dalam kebidanan dan ginekologi mengatakan selama kehamilan bumil mungkin akan mengalami perbedaan dalam frekuensi dan jenis mimpinya. Kehamilan tampaknya memicu lebih banyak mimpi yang jelas, bukan dengan gambaran yang kabur.

"Alih-alih gambar kabur yang hampir tidak dapat dipahami, mimpi-mimpi ini tampak seperti kehidupan nyata. Anda mungkin terbangun dari mimpi-mimpi ini dan membutuhkan waktu sejenak untuk membedakan antara mimpi dan kenyataan," kata Nwadike dikutip dari Healthline.


Tak hanya itu, bumil juga jadi sering bermimpi dalam siklus tidur 8 jam. Makin banyaknya jumlah mimpi pada bumil mungkin karena bumil lebih banyak tidur. "Kehamilan dapat menyebabkan kelelahan. Semakin banyak Anda tidur, semakin besar kemungkinan untuk bermimpi," katanya.

Banner Mesin Cuci di Bawah Harga Rp2 JutaMesin Cuci di Bawah Harga Rp2 Juta/ Foto: Annisa Shofia

Selain mimpi keibuan, bumil bisa juga mimpi yang berbasis kecemasan juga. Mimpi dapat menggambarkan beberapa kekhawatiran dan kecemasan terbesar Bunda. Ini bisa berupa kecemasan tentang keuangan hingga mungkin memiliki kecemasan tentang persalinan dan melahirkan atau keguguran.

Dalam studi 2016 ini, mimpi buruk pada bumil ini biasanya dipicu emosi. Ini bisa berupa ketakutan atau kecemasan tentang persalinan dan kelahiran, atau sesuatu yang terjadi pada bayi.

"Anda mungkin bermimpi menjatuhkan bayi atau benar-benar kehilangan bayi. Atau, jika pernah mengalami keguguran di masa lalu, Anda mungkin bermimpi tentang hal ini terjadi lagi. Mimpi tersesat atau terjebak juga sering terjadi saat hamil," ujar Nwadike.

Dan selama kehamilan, bumil mungkin lebih mudah mengingat beberapa mimpi. Padahal sebelum hamil, bumil mungkin kesulitan mengingat mimpi di pagi harinya. 

Sebenarnya, mimpi itu adalah simbolis dan hanya menunjukkan beberapa ketakutan dan kecemasan tersembunyi dari kehidupan nyata. Bunda mungkin kesal tentang beberapa perubahan hidup dan itu muncul di pikiran bawah sadar.

Untuk arti mimpi keguguran, simak penjelasannya di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 manfaat musik klasik untuk ibu hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
ARTI MIMPI KEGUGURAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!