sign up SIGN UP search


kehamilan

15 Tips agar Melahirkan Normal Menjadi Lebih Mudah, Termasuk Tidur Teratur Bun

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Sabtu, 18 Jun 2022 18:36 WIB
Ilustrasi hamil atau melahirkan caption

Hari perkiraan lahir (HPL) sudah semakin dekat nih. Bunda mungkin sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik ya. Misalnya mempersiapkan nama bayi, pakaian, hingga kamar untuk Si Kecil.

Nah, Salah satu hal yang juga perlu diutamakan adalah kesiapan mental dan fisik Bunda untuk menjalani proses persalinannya ya.

Terdapat sejumlah cara untuk membantu proses persalinan, Bunda. Di antaranya adalah melalui operasi caesar dan persalinan normal. Operasi caesar biasanya direkomendasikan manakala Bunda harus mendapat tindakan medis tertentu ya.


Namun jika masa kehamilan selalu dalam pantauan aman oleh tenaga medis, Bunda bisa menempuh persalinan normal nih, Bunda. 

Banner Buah yang Bagus untuk Janin

Konon, persalinan normal bisa dilakukan dengan mudah melalui beberapa tips, Bunda. Apa saja ya? Yuk kita lanjutkan. 

15 tips mudahkan persalinan normal

Jika berencana melahirkan secara normal, ada baiknya Bunda mengikuti tips yang diberikan Parenting First Cry sebagai berikut ya :

1. Makan kurma

Buah kurma tidak hanya menjadi sumber kalium bagi tubuh, Bunda. Tetapi juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti magnesium dan mangan. Dengan berbagai kandungan nutrisi tersebut, buah kurma memiliki manfaat khusus bagi Bunda hamil. Di antaranya ketuban tidak mudah pecah dan kemungkinan besar melahirkan secara normal. 

2. Lakukan squat setiap hari

Jongkok dianggap sebagai latihan terbaik untuk persalinan yang mudah, Bunda. Bunda bisa melakukannya melalui squat. Disarankan untuk melakukan 15 squat setiap hari agar dapat melahirkan dengan mudah.  

3. Tidur cukup dan teratur

Bunda hamil disarankan untuk tidur setidaknya tujuh jam atau lebih setiap hari, dengan istirahat yang cukup, bisa menjadi persiapan persalinan yang lebih cepat dan lancar.

4. Mempertimbangkan kelahiran melalui waterbirth

Air dipercaya dapat menenangkan Bunda hamil selama persalinan. Air juga seharusnya menenangkan otot yang tegang dan membantu pelebaran serviks pada persalinan normal. 

5. Tetap tegak

Karena gravitasi dapat menguntungkan ibu dan bayi untuk mendapatkan posisi yang tepat untuk melahirkan. Bunda disarankan berdiri tegak daripada berbaring mengejan. 

6. Menyantap camilan sehat

Ketika Bunda berada di tahap awal persalinan, Bunda mungkin merasa lapar, dan Bunda bisa makan makanan ringan untuk mengurangi rasa lapar Bunda. Hindari makan makanan berminyak atau berlemak karena tidak hanya dapat membuat Bunda mulas tetapi juga menghambat proses persalinan.

7. Mengikuti kelas persalinan

Kelas persalinan dapat mengurangi tekanan yang dapat dihadapi oleh orang tua yang sedang hamil dan membantu pasangan atau pengasuh ibu hamil untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih matang ya. 

Kita lanjut ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 cara ampuh percepat pembukaan untuk mudahkan persalinan normal:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
BERLATIH TEKNIK PERNAPASAN HINGGA DISKUSI PROSES PERSALINAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!