sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Cara Menaikkan BB Ibu Hamil, Termasuk Makan Lebih Sering meski Porsi Kecil

Melly Febrida   |   Haibunda Minggu, 19 Jun 2022 09:20 WIB
Young mother eating and reading book at home caption

Berat badan (BB) ibu hamil (bumil) memang umumnya bertambah saat mengandung buah hati. Tapi, beberapa ada beberapa Bunda yang justru kesulitan menaikkan berat badannya selama kehamilan. Apakah Bunda termasuk yang mengalami kesulitan tersebut? Apa penyebab dan solusinya untuk kondisi itu? 

Brian Levine, MD, MS, FACOG, dokter spesialis obstetri-ginekologi, serta endokrinologi reproduksi dan infertilitas (REI) mengatakan 50 persen bumil mengalami kenaikan berat badan melebihi targetnya. Namun, beberapa bumil perlu menambah berat badan lebih daripada yang mereka inginkan.

Penyebab BB bumil sulit naik

"Penelitian menunjukkan bahwa penambahan berat badan yang tidak memadai menimbulkan risiko serius bagi bayi, termasuk berat badan lahir rendah, kemungkinan kecil untuk menyusui, dan meningkatnya kemungkinan kematian pada bayi," kata Levine dilansir VeryWellFamily.


Bagaimana dengan bumil yang bobotnya tidak bertambah, apa sebabnya? Menurut Levine ini karena perut bumil sangat tertekan sehingga tidak dapat makan. Dengan makan lebih sedikit, tetapi lebih sering, bumil dapat menambah kalori ekstra sepanjang hari.

"Ini juga dapat membantu beberapa keluhan kehamilan seperti mual dan mulas," ujarnya.

Berapa penambahan BB yang normal selama kehamilan?

Bumil harus tambah berat badan berapa kg? Levine bilang, kebanyakan bumil umumnya bertambah 11-13 kg (25 sampai 30 pon) selama kehamilan. Bumil yang sebelumnya kekurangan berat badan, seharusnya bertambah lebih banyak. Berbeda jika bumil sudah kelebihan berat badan.

"Jika mengharapkan anak kembar, Anda perlu menambah berat badan, dan penambahan berat badan dalam 24 minggu pertama kehamilan sangat penting untuk bayi yang lebih sehat," ujar Levine.

Ada cara menambah berat badan bumil, seperti di bawah ini:

1. Bawa makanan 

Bumil agar dapat mengemil sepanjang hari, cobalah membawa beberapa makanan yang kaya kalori. Misalnya saja buah kering. Jika bumil memiliki wadah untuk menyimpan makanan dingin, bawalah yogurt dengan buah seperti apel atau pir dengan parutan keju cheddar. Rasanya pasti enak.

Buah merupakan camilan yang sempurna, pasangkan dengan kacang almond atau segenggam kacang lainnya untuk menambah protein.

2. Minuman berkalori 

Bumil yang kesulitan mendapatkan kalori di siang hari, cobalah mempertimbangkan mengonsumsi minuman yang meningkatkan kalori. Menurut Levine, minum minuman berkalori tinggi meningkatkan berat badan. Cara mudahnya menukar air dengan susu atau jus.

Bawalah smoothie dan konsumsi sepanjang hari. Smoothie buah dan sayuran membantu bumil mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan. Tambahkan bubuk protein untuk menambah kalori. Rasanya tidak terlalu berbeda, tapi bisa menambah kalori.

Cara lainnya, klik halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 8 penyebab dan dampak BB melonjak saat hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
CARA NAIKKAN BOBOT BUMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!