sign up SIGN UP search


kehamilan

Ketahui Perubahan Darah Nifas dalam 40 Hari, Kenali juga Gejala yang Perlu Diwaspadai

Melly Febrida   |   Haibunda Kamis, 23 Jun 2022 21:05 WIB
Women using it during menstruation to avoid damage to clothing. Ketahui Perubahan Darah Nifas dalam 40 Hari, Kenali juga Gejala yang Perlu Diwaspadai/Foto:iStock

Jakarta - Nifas dialami para Bunda usai melahirkan. Ini mirip dengan darah menstruasi, bedanya darah nifas terjadi pasca persalinan dan berlangsung lebih lama. 

Bunda yang baru pertama melahirkan mungkin bertanya-tanya seperti apa darah nifas? Karakteristik darah yang keluar dari vagina ini bisa bervariasi dan mungkin mengeluarkan jaringan yang tak ada dalam menstruasi.

Dr. Carolyn Kay, dokter kebidanan dan kandungan mengatakan bahwa pendarahan vagina setelah melahirkan itu sering terjadi dan sifatnya sementara. Adapun istilah medisnya disebut lochia.


"Lochia mengandung lendir, jaringan, dan darah yang ditumpahkan rahim untuk menggantikan lapisannya setelah melahirkan," jelas Kay dilansir Medical News Today.

Nifas ini sebenarnya lebih ke membersihkan rahim, Bunda. Jadi lochia terjadi akibat rahim mengganti lapisannya setelah melahirkan. Rahim mengeluarkan darah dan jaringan ekstra yang dibutuhkan untuk menjaga janin tetap sehat selama kehamilan.

Banner Lahirkan Bayi Down SyndromeLahirkan Bayi Down Syndrome/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Tubuh membersihkan dirinya sendiri dari semua darah, lendir, dan jaringan ekstra yang dibutuhkan selama kehamilan. Akibatnya, Bunda akan mengalami pendarahan pasca persalinan baik dengan melahirkan secara normal atau melalui operasi caesar.

"Selama kehamilan, perubahan hormonal menebalkan lapisan rahim untuk menopang plasenta. Setelah melahirkan, rahim menyusut ke ukuran biasa dan melepaskan jaringan ekstra yang tidak lagi dibutuhkan," jelas Kay.

Pendarahan juga dapat terjadi selama persalinan. Bunda yang melahirkan dengan pervaginam biasanya kehilangan sekitar 500 mililiter (ml) darah dan dua kali lebih banyak selama persalinan caesar. Terlepas dari jenis persalinannya, Bunda juga dapat mengalami perdarahan pascapersalinan.

Menurut National Childbirth Trust, nifas ini biasanya berlangsung 24-36 hari. Namun bisa juga lebih lama dari 6 minggu. "Jumlah dan jenis perdarahan bervariasi dari kehamilan ke kehamilan," katanya.

Dalam 6 minggu pertama setelah melahirkan, darah nifas ini dapat berubah dari warna maupun jumlahnya:

  • Hari 1: Darah mungkin berwarna merah atau kecokelatan, mungkin ada pembekuan dan pembalut bersalin perlu diganti secara teratur.

  • Hari 2–6: Gumpalan dapat lebih kecil, alirannya lebih ringan, dan darahnya dapat berwarna cokelat tua atau merah muda.

  • Hari 7–10: Aliran dan warnanya menjadi lebih ringan serta terang.

  • Hari 11–14: Bunda mengeluarkan sedikit darah dan masih berwarna cokelat tua atau merah muda.

  • Minggu 3–4: Cairan yang keluar berwarna putih krem ​​dan alirannya jauh lebih ringan daripada sebelumnya.

  • Minggu 5–6: Kemungkinan masih ada perdarahan cokelat atau merah muda-merah atau cairan kuning krem, dan itu mungkin terjadi secara sporadis selama beberapa minggu.

Menurut Kay, darah pasca melahirkan ini memang normal terjadi setelah melahirkan. Tapi, jika pendarahannya sangat berat atau menyakitkan dapat mengindikasikan ada masalah yang perlu perhatian medis.

ilustrasi ibu usai melahirkanKetahui Perubahan Darah Nifas dalam 40 Hari, Kenali juga Gejala yang Perlu Diwaspadai/ Foto: iStock

Bunda juga akan mengalami pendarahan yang melambat dan berkurang dalam beberapa minggu setelah melahirkan. Tetapi beberapa hal dapat meningkatkan aliran darah untuk sementara, termasuk:

  • Bangun dari tempat tidur di pagi hari
  • Menyusui (tubuh Anda menghasilkan hormon oksitosin saat Anda menyusui, yang merangsang kontraksi rahim dan mempercepat penyembuhan)
  • Berolahraga
  • Mengejan saat buang air kecil atau besar

Untuk gejala saat nifas yang mengkhawatirkan bisa klik halaman berikutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang fase perubahan warna darah saat nifas.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
GEJALA PENDARAHAN NIFAS YANG PERLU DIWASPADAI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!