sign up SIGN UP search


kehamilan

Mitos atau Fakta: Nanas Adalah Salah Satu Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil?

Nanie Wardhani   |   Haibunda Jumat, 22 Jul 2022 20:15 WIB
Ilustrasi ibu hamil makan nanas caption

Nanas adalah salah satu buah yang sering kali dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Tentu saja Bunda sudah sangat sering mendengar hal ini.

Mungkin sudah begitu familiar dan dipercaya hingga bahkan sudah mengetahuinya jauh sejak sebelum Bunda hamil. Namun pertanyaannya, benarkah nanas dapat menyebabkan keguguran hingga harus dihindari oleh ibu yang sedang mengandung?

Atau justru Bunda jadi kehilangan kesempatan menikmati buah segar dan kaya nutrisi tersebut saat menghindari buah nanas ketika hamil? 


Sebelum Bunda menghindari buah yang lezat dan bergizi ini selama 9 bulan ke depan, berikut ini fakta mengenai nanas dan kaitannya dengan kehamilan, seperti dilansir dari Healthline.

Benarkah nanas adalah buah yang dilarang untuk ibu hamil?

Faktanya, nanas adalah pilihan yang aman dan sehat untuk dikonsumsi selama kehamilan. Mungkin Bunda sering mendengar bahwa nanas adalah buah yang dilarang untuk ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran dini atau melahirkan prematur. Namun, ini hanya mitos.

Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung bahwa nanas berbahaya selama kehamilan. 

Bagaimana dengan bromelain?

Nanas memang mengandung bromelain, sejenis enzim yang dapat memecah protein dalam tubuh dan menyebabkan perdarahan abnormal.

Meskipun bromelain ditemukan di inti nanas, sangat sedikit yang ada di daging nanas yang kita makan. Jumlah bromelain dalam satu porsi nanas tidak akan memengaruhi kehamilan Bunda. Jadi selama Bunda makan nanas dalam jumlah wajar, kehamilan Bunda tidak akan terpengaruh oleh bromelain ini.

Apa saja nutrisi yang ada dalam buah nanas?

Ilustrasi nanasMitos atau Fakta: Nanas Adalah Salah Satu Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil?/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ASMR

Satu cangkir nanas bisa mengandung hampir 100 persen dari asupan vitamin C harian yang direkomendasikan untuk ibu hamil.

Buah nanas juga merupakan sumber yang solid dari:

  • Folat
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Mangan
  • Tembaga
  • Vitamin B-6 (piridoksin)

Semua nutrisi ini penting untuk perkembangan bayi dan kesehatan Bunda selama hamil secara keseluruhan.

Ternyata banyak ya manfaat dari mengonsumsi buah nanas selama hamil, dan Bunda jangan khawatir, buah nanas, seperti buah lainnya, bukanlah buah yang dilarang untuk ibu hamil.

Lalu selain nanas, kira-kira buah apa lagi ya yang sebaiknya dikonsumsi saat hamil? Simak lengkapnya di halaman berikut Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



 

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
BUAH YANG DIREKOMENDASIKAN UNTUK IBU HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!