sign up SIGN UP search


kehamilan

10 Makanan dan Minuman yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Termasuk Jus Segar

Melly Febrida   |   Haibunda Minggu, 24 Jul 2022 18:20 WIB
8 MAKANAN DAN MINUMAN LAINNYA
fruit and vegetable juice caption

3. Adonan kue mentah

Nah ini cocok untuk bumil yang suka baking. Saat membuat kue, mungkin Bunda tergoda untuk mencicipi sedikit adonan mentah ke dalam mulut. Jika adonan tersebut mengandung telur mentah, bisa menimbulkan risiko. 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) memperkirakan satu dari 20.000 telur tercemar bakteri salmonella. Agar aman, jangan mencicipi adonan kue yang belum dipanggang, adonan, atau isian yang dibuat dengan telur mentah. 

4. Buah dan sayuran yang belum dicuci

Sebelum memakan buah atau sayuran, pastikan sudah membilasnya secara menyeluruh di bawah air mengalir. Parasit yang disebut toksoplasma dapat hidup pada buah dan sayuran yang tidak dicuci. Ini menyebabkan penyakit yang disebut toksoplasmosis, yang bisa sangat berbahaya bagi bayi. 


Jangan gunakan sabun untuk mencuci produk. Sebagai gantinya, gosok permukaan dengan sikat sayuran kecil. Potong bagian yang memar, karena ini dapat menampung bakteri. 

Banner Penyebab Preeklamsia

5. Jangan makan lalapan

Bunda yang suka makan lalapan yakni sayuran yang mentah, entah itu kecambah mentah, selada mentah, atau kol mentah, sebaiknya dihindari. 

6. Makanan laut asap

Makanan seperti daging siap saji, makanan laut asap yang didinginkan rentan terhadap listeria. Ini termasuk salmon asap (sering diberi label nova atau lox), serta trout asap, ikan putih, cod, tuna, dan mackerel. Aman untuk menggunakan makanan laut asap dalam makanan yang dimasak, seperti casserole.

7. Kerang mentah

Kerang mentah adalah salah satu penyebab utama penyakit dari makanan laut. Penyebabnya termasuk parasit dan bakteri yang umumnya tidak ditemukan dalam makanan laut yang dimasak. 

"Selama Anda memasak kerang secara menyeluruh, aman untuk dimakan selama kehamilan. Masak tiram, kerang, dan remis sampai cangkangnya terbuka. Jika ada yang tidak terbuka, buang," jelas Johnson.

8. Kafein

Sejumlah dokter mengatakan mengonsumsi kafein dalam jumlah sedang aman selama kehamilan.  The March of Dimes merekomendasikan wanita yang sedang hamil atau mencoba harus membatasi kafein hingga 200 miligram per hari. 

Itu satu cangkir kopi 12 ons. Tapi ingat, kafein juga ditemukan dalam soda, teh, cokelat, dan banyak minuman energi.

9. Alkohol

Bunda mungkin pernah mendengar bahwa mengonsumsi minuman beralkohol berlebihan selama kehamilan dapat menyebabkan cacat lahir yang serius. Namun, ketahuilah sejumlah kecil alkohol ada yang berbahaya. 

Belum jelas apakah ada minuman alkohol yang aman selama kehamilan, jadi yang terbaik adalah menghindari semua bentuk alkohol. Ini termasuk anggur, bir, dan eggnog tradisional, yang mengandung alkohol dan telur mentah.

10. Telur mentah

Telur mentah atau makanan apa pun yang mengandung telur mentah harus dihindari karena berpotensi terpapar salmonella. Beberapa saus Caesar buatan sendiri, mayones, es krim atau custard buatan sendiri, dan saus Hollandaise umumnya dibuat dari telur mentah. 

Es krim, saus, dan eggnog yang diproduksi secara komersial dibuat dengan telur yang dipasteurisasi dan tidak meningkatkan risiko salmonella. Tapi waspada jika makan adonan kue yang mengandung telur mentah.

Restoran sebenarnya harus menggunakan telur yang dipasteurisasi dalam resep apa pun yang dibuat dengan telur mentah, seperti saus atau saus Hollandaise.

(pri/pri)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!