sign up SIGN UP search


kehamilan

Bumil Pecinta Kucing, Waspada Terpapar Kotoran & Bulu karena Bisa Picu Keguguran

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 24 Jul 2022 12:05 WIB
A pregnant woman with a big belly is standing next to her cat caption
Jakarta -

Paparan kotoran dan bulu kucing selama hamil dapat memicu keguguran lho, Bunda. Sebab, kotoran dan bulu kucing ini dapat membawa parasit berbahaya bernama Toxoplasma gondii.

Menurut ulasan di New York Times, kucing dapat membawa parasit Toxoplasma gondii yang bisa menyebabkan cacat lahir, keguguran, hingga kematian pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) memperbolehkan Bunda memelihara kucing saat hamil. Tapi, ada hal yang perlu diperhatikan agar Bunda tidak tertular parasit Toxoplasma gondii.


Infeksi parasit Toxoplasma gondii yang menyebabkan toksoplasmosis, hanya ditemukan pada kucing yang keluar rumah dan berburu mangsa, seperti tikus atau hewan pengerat lainnya. Tapi, bila kucing hanya diberi makanan kucing dan tidak melakukan kontak dengan hewan luar, risiko terpapar Toxoplasma gondii menjadi sangat rendah.

"Bila memiliki kucing yang sering pergi keluar dan mencari mangsa, mintalah orang lain untuk membersihkan kotorannya. Bila kucing dipelihara di dalam ruangan, hanya makan makanan kucing, dan tidak melakukan kontak dengan hewan luar, risiko toksoplasmosis sangat rendah," demikian kata ACOG di laman resminya.

Parasit di kotoran dan bulu kucing picu keguguran

Risiko toksoplasmosis bisa meningkat bila Bunda terpapar parasit Toxoplasma gondii yang ada di kotoran dan bulu kucing. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kucing memainkan peran penting dalam penyebaran toksoplasmosis.

Kucing terinfeksi parasit saat memakan hewan pengerat yang terinfeksi. Parasit tersebut lalu ditularkan melalui kotoran kucing.

Anak kucing dan kucing dewasa dapat meninggalkan jutaan parasit dalam kotorannya selama tiga minggu setelah infeksi. Kucing dewasa kemungkinan menularkan Toxoplasma gondii lebih kecil bila sudah pernah terinfeksi.

Parasit Toxoplasma gondii juga kerap ditemukan di daging mentah atau belum matang saat dimasak. Para ahli mengatakan bahwa wanita hamil tidak boleh makan daging mentah atau setengah matang. Mereka juga harus menghindari kontak dengan kotoran kucing. Tapi, parasit ini biasanya jarang terbawa di bulu kucing, terutama yang dipelihara dalam ruangan, Bunda.

Lalu apa saja bahaya paparan parasit Toxoplasma gondii penyebab infeksi toksoplasmosis? Baca halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 10 hal yang harus dihindari saat hamil 8 bulan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
BAHAYA KOTORAN KUCING BISA SEBABKAN KEGUGURAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!