sign up SIGN UP search


kehamilan

Pil KB Diane Ternyata juga Bisa Obati Jerawat Bunda Lho, Simak Ketentuannya

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Selasa, 26 Jul 2022 07:33 WIB
Close up hand contraceptive pill and condom on with colorful pills strips. Contraception reduces childbirth and pregnant concept. Pil KB Diane Ternyata juga Bisa Obati Jerawat Bunda Lho, Simak Ketentuannya/Foto: iStock
Jakarta -

Pil KB menjadi salah satu jenis kontrasepsi peringkat kedua di Indonesia setelah KB suntik berdasarkan paparan Statistik Pemuda Indonesia 2021.

Diketahui pula, sebanyak 15,55 persen Bunda memilih KB pil untuk mengatur jarak kelahiran sesuai rencana.  Ada berbagai macam jenis dan mereka pil KB yang bisa Bunda pilih, salah satunya adalah pil KB Diane.
 
Mengutip laman Medbroadcast, pil KB Diane merupakan obat yang mengandung kombinasi dua bahan, yaitu cyproterone dan etinil estradiol

Diketahui siproteron termasuk kelompok obat yang dikenal sebagai antiandrogen. Sementara itu, Etinil estradiol termasuk kelompok obat yang dikenal sebagai estrogen.


Bersama-sama, mereka digunakan untuk mengobati jenis jerawat parah tertentu untuk wanita yang antibiotik dan perawatan lainnya belum berhasil. Obat ini bekerja dengan mengatur hormon yang memengaruhi kulit ya.

Lantas, bagaimana peran pil ini sebagai obat kontrasepsi? Yuk kita lanjutkan, Bunda. 

Cara kerja pil KB sebagai obat jerawat 

Mengutip dari Ema Europaeu, Badan Obat Eropa Komite Penilaian Risiko Farmakovigilans (PRAC), disimpulkan bahwa manfaat Diane dengan komposisi cyproterone acetate 2 mg/etinilestradiol 35 mg atau Diane 35 dan obat generiknya lebih besar daripada risikonya.

Obat ini juga sebaiknya digunakan hanya dalam pengobatan jerawat sedang sampai parah yang berhubungan dengan sensitivitas androgen atau hirsutisme, pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan berlebihan pada wanita, pada usia reproduksi.

Selain itu, Diane 35 dan obat generik hanya boleh digunakan untuk pengobatan jerawat ketika pengobatan alternatif, seperti terapi topikal dan pengobatan antibiotik, menemui kegagalan.

Karena Diane 35 dan obat generiknya bertindak sebagai kontrasepsi hormonal, Bunda sebaiknya tidak menggunakan obat ini dalam kombinasi dengan kontrasepsi hormonal lainnya. Penggunaan bersama Diane 35 dan obat generiknya dengan kontrasepsi hormonal lain akan membuat Bunda terkena dosis estrogen yang lebih tinggi dan meningkatkan risiko tromboemboli.

Tromboemboli adalah pembentukan bekuan darah di pembuluh darah. Risiko tromboemboli akibat obat-obatan ini rendah, namun untuk meminimalkan risiko ini, Bunda harus mengetahui dengan jelas mengenai informasi produk. Termasuk bagaimana tanda dan gejalanya. Bunda bisa mendiskusikan terlebih dahulu dengan petugas medis yang menangani Bunda ya.

Selain itu, sebelum memutuskan mengonsumsi pil ini, ada beberapa hal yang perlu Bunda ketahui tentang pil Diane di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang mengenal pil kontrasepsi darurat di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]




 

program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
5 HAL MENGENAI DIANE SEBAGAI PIL KB
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!