sign up SIGN UP search


kehamilan

Apakah Munculnya Feeling Hamil sebelum Telat Haid Juga Tanda Kehamilan?

Nanie Wardhani   |   Haibunda Senin, 01 Aug 2022 19:10 WIB
Feeling atau merasa hamil sebelum telat haid terkadang dianggap sebagai salah satu gejala kehamilan. Namun Bunda perlu memastikannya dengan tes kehamilan. Apakah Munculnya Feeling Hamil sebelum Telat Haid juga Tanda Kehamilan?/Foto: iStock
Jakarta -

Mungkin saat ini Bunda dan Ayah sedang menantikan kehadiran sang buah hati sehingga menjalankan berbagai usaha untuk mewujudkannya. Mulai dari meninggalkan alat kontrasepsi, rutin berhubungan seksual, sampai menyesuaikan jadwal hubungan seksual dengan jadwal kesuburan Bunda.

Lalu kira-kira bagaimana ya agar bisa tahu bahwa Bunda sudah hamil atau belum? Bisakah Bunda mengetahui hal tersebut bahkan sebelum Bunda mengalami terlambat haid?

Bisa juga kah mengetahui status kehamilan tanpa melakukan tes kehamilan mandiri di rumah atau pun ke rumah sakit? Bisa kah Bunda hanya mengandalkan feeling hamil sebelum Bunda mengalami telat haid?


Feeling hamil sebelum telat haid

Sebaiknya sih, Bunda jangan dulu merasa yakin mengenai feeling hamil sebelum telat haid, Bunda. Hal ini karena terkadang feeling yang dirasakan belum tentu benar dan bisa saja hanya merupakan bentuk harapan Bunda yang sangat besar atas kehadiran Si Kecil dalam kehidupan Bunda.

Untuk mengetahui apakah Bunda sedang hamil atau tidak, Bunda tetap perlu memperhatikan berbagai gejala yang muncul terutama telat haid, dan kemudian dilengkapi dengan tes kehamilan baik yang dilakukan secara mandiri maupun yang dilakukan di klinik atau rumah sakit.

Gejala hamil sebelum telat haid

Tapi apakah ada gejala hamil tertentu yang bisa muncul sebelum terlambat haid? Seperti dilansir dari Healthline, berikut beberapa gejalanya:

  • Payudara menjadi lembut dan sensitif
  • Warna areola berubah jadi lebih gelap
  • Tubuh terasa mudah lelah
  • Mulai muncul rasa mual
  • Keputihan
  • Munculnya pendarahan implantasi
  • Suhu tubuh basal meningkat
  • Perut terasa kembung

Jika beberapa gejala di atas sudah bermunculan, Bunda bisa mulai meyakini feeling hamil sebelum telat haid yang Bunda rasakan itu benar. Tapi tetap harus lakukan tes kehamilan ya, Bunda. Sebaiknya, tidak langsung mengambil kesimpulan tanpa melakukan tes kehamilan terlebih dahulu.

Sambil menunggu kepastian apakah telat haid atau tidak, Bunda bisa simak beberapa gejala kehamilan lainnya yang biasanya terjadi pada sebagian besar ibu hamil. Simak lengkapnya di halaman berikut Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 14 ciri kehamilan yang disadari.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
GEJALA UMUM KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!