sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Manfaat Korset Kehamilan, Bantu Ibu Hamil yang Selalu Aktif Bergerak

Prita Daneswari   |   Haibunda Selasa, 02 Aug 2022 07:00 WIB
korset kehamilan 4 Manfaat Korset Kehamilan, Bantu Ibu Hamil yang Selalu Aktif Bergerak/Foto: Getty Images/iStockphoto/Mykola Sosiukin
Jakarta -

Apakah Bunda pernah melihat korset kehamilan? Perlengkapan hamil yang satu ini memang tak terlalu banyak digunakan ya oleh para ibu hamil.

Padahal korset kehamilan ini memiliki banyak manfaat lho, salah satunya untuk menopang punggung bagian bawah dan perut selama kehamilan.

Korset yang desainnya fleksibel ini dapat memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil, terutama Bunda yang terbilang memiliki kegiatan yang sangat aktif meski sedang mengandung Si Kecil. Korset kehamilan sangat membantu kehamilan Bunda di trimester 2 dan 3.


Karena pada masa itulah, perut Bunda akan semakin membesar memengaruhi struktur tubuh Bunda. Beberapa ibu hamil pun mengakui korset kehamilan membantu mengurangi nyeri panggul dan pinggul selama kehamilan. Meski begitu, untuk Bunda yang tak miliki keluhan apa pun, tak apa kok bila tidak menggunakannya.

"Saat rahim tumbuh, semua ligamen yang membungkus perut meregang dan tertarik dan dapat menyebabkan rasa sakit di punggung, panggul, dan pinggul," kata Charissa Newton, bidan perawat bersertifikat di Premier Health Center for Women's Health & Kesehatan di Mason.

"Korset kehamilan membantu ibu hamil menjalani aktivitas sehari-hari mengurangi rasa nyerinya," ujarnya. 

Manfaat menggunakan korset kehamilan

1. Mengurangi rasa nyeri

Nyeri punggung dan sendi selama kehamilan dapat membuat frustrasi dan menyulitkan untuk berpartisipasi dalam aktivitas sehari-hari. Mengutip Healthline, sebuah studi di Spine Journal meneliti prevalensi nyeri punggung dan panggul selama kehamilan. Mereka menemukan bahwa 71 persen wanita melaporkan nyeri punggung bawah dan 65 persen melaporkan nyeri panggul.

Mengenakan korset kehamilan dapat membantu menopang punggung bagian bawah dan perut buncit selama aktivitas Bunda sehingga mengurangi rasa nyeri.

2. Memberikan tekanan lembut selama aktivitas

Apakah Bunda pernah merasakan berlari tanpa bra olahraga? Kedengarannya sungguh tak nyaman? Hal yang sama berlaku untuk perut Bunda yang sedang tumbuh. Kompresi lembut dari korset kehamilan dapat membantu menopang rahim dan mengurangi ketidaknyamanan dari berbagai gerakan yang Bunda lakukan.

3. Membantu perbaiki postur tubuh

Korset kehamilan memfasilitasi postur yang tepat untuk tubuh Bunda. Dengan menopang punggung bawah dan batang tubuh, korset ini mendorong tubuh membentuk postur yang benar dan mencegah peregangan punggung bawah yang berlebihan. 

4. Membuat aktivitas sehari-hari terasa lebih nyaman

Olahraga selama kehamilan memiliki banyak manfaat kesehatan yang positif. Sebuah studi di Musculoskeletal Medicine menunjukkan bahwa olahraga prenatal memiliki efek positif pada kesehatan Bunda dan janin.

Olahraga meningkatkan tonus dan daya tahan otot serta menurunkan risiko hipertensi, depresi, dan diabetes. Banyak wanita yang tidak dapat berolahraga  selama kehamilan karena rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Mengenakan korset kehamilan dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan tersebut.

Meski begitu, sebelum memutuskan mengenakan korset kehamilan, ada beberapa hal yang harus Bunda perhatikan. Simak di halaman selanjutnya yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cara meredakan nyeri pada ekor tulang belakang saat hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
RISIKO BILA KENAKAN KORSET KEHAMILAN TERLALU LAMA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!