sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Tanda Pembukaan 1 Saat Akan Melahirkan, Bunda Perlu Tahu

Nanie Wardhani   |   Haibunda Selasa, 02 Aug 2022 14:50 WIB
Ilustrasi tanda pembukaan 1 melahirkan caption

Bunda sedang berada di bulan kesembilan kehamilan? Wah, pasti mulai deg-degan nih kapan akan mengalami tanda pembukaan 1 dan seterusnya. Tidak lama lagi Bunda akan bersiap menyambut kehadiran Si Kecil di pangkuan Bunda.

Nah, jika Bunda sudah mendekati tanggal hari perkiraan lahir, tentu mulai memerhatikan gejala-gejala yang akan menjadi tanda persalinan semakin dekat. Salah satu tanda tersebut adalah proses pelebaran jalur lahir, yang biasa disebut dilatasi atau pembukaan. Proses pembukaan ini biasanya disebut mulai dari bukaan 1 hingga 10. 

Jika ini kehamilan pertama bagi Bunda, biasanya akan sulit untuk mengetahui seperti apa proses pembukaan 1 tersebut dan apa saja tanda-tandanya.


Apa itu pembukaan saat akan melahirkan?

Dilansir dari What to Expect, dilatasi atau pembukaan adalah proses pelebaran serviks, atau proses pembukaan jalur untuk melahirkan. Pembukaan 1 bisa mulai terjadi kapan saja sejak bulan kesembilan kehamilan Bunda.

Pembukaan diukur dalam sentimeter, mulai dari satu sentimeter (yaitu seukuran kacang polong) dan terus berlanjut hingga 10 sentimeter (ukuran irisan jeruk bali).

Menurut penelitian, serviks berubah dari tertutup selama sembilan bulan untuk melindungi janin dari infeksi dan berkembang sepenuhnya, menjadi harus memendek, melunak, dan melebar sebagai persiapan proses persalinan. 

Namun, dikutip dari Romper, Bunda jangan dahulu terlalu bersemangat saat dokter mengatakan Bunda sudah memasuki pembukaan 1, karena hal itu belum tentu berarti segera melahirkan dalam hitungan waktu yang cepat.

Tanda pembukaan 1

Menurut The Bump, dokter kandungan mungkin melakukan pemeriksaan panggul mingguan mulai sekitar 36 minggu kehamilan. Jadi selain dengan pemeriksaan oleh dokter di setiap kunjungan pemeriksaan, Bunda juga dapat melihat beberapa tanda pembukaan 1 berikut ini:

1. Kontraksi ringan atau tidak teratur

Ilustrasi suami pijat istri hamil yang sedang kontraksi4 Tanda Pembukaan 1 Saat Akan Melahirkan, Bunda Perlu Tahu/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Peningkatan kontraksi dapat menunjukkan bahwa proses pembukaan sedang terjadi karena kontraksi dapat berkontribusi pada pembukaan. Namun, tidak perlu khawatir atau menganggap Bunda sedang dalam proses persalinan aktif sampai mengalami kontraksi konsisten yang mulai terasa lebih kuat dan terjadi lebih dekat.

Saat pembukaan kurang dari 6 cm biasanya kontraksi berkisar antara 20 menit atau lebih hingga 6 menit. Wanita yang pembukaannya belum terlalu lebar biasanya dapat berbicara saat kontraksi, dan mungkin dapat melakukan aktivitas lain, seperti mengobrol atau menonton TV.

Tetapi ketika pembukaan semakin lebar, katakanlah, sepanjang 6-8 cm, maka Bunda mungkin akan lebih sulit memusatkan perhatian pada apapun kecuali kontraksi.

Simak tanda pembukaan 1 lainnya di halaman berikut ini Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



 

kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
TANDA PEMBUKAAN 1 LAINNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!