sign up SIGN UP search


kehamilan

6 Kesalahan yang Mungkin Dilakukan Bumil, Termasuk Terlalu Mengkhawatirkan BB

Khesedtov Bana   |   Haibunda Senin, 08 Aug 2022 16:30 WIB
Ibu Hamil caption
Jakarta -

Saat memasuki masa kehamilan, Bunda akan mengalami banyak perubahan pada kondisi kesehatan maupun perubahan bentuk tubuh. Walau sudah banyak buku panduan untuk hidup sehat bagi Bunda dan bayi, tak jarang juga ada kesalahan atau hal tak perlu yang Bunda lakukan saat hamil.

Kesalahan ini biasanya ditimbulkan karena rasa khawatir yang timbul dalam benak Bunda, salah satunya akibat kenaikan berat badan seiring dengan bertambahnya usia kandungan. Berikut beberapa kesalahan yang banyak dilakukan saat hamil.

Kesalahan yang bisa dilakukan ibu hamil

1. Melewati waktu makan

Sangat normal jika saat hamil Bunda merasa kehilangan nafsu makan akibat mual atau karena menjadi lebih sensitif terhadap rasa dan bau. Menurut studi, 6-10 perempuan hamil memiliki penurunan nafsu makan.


Preferensi makanan yang biasa Bunda nikmati juga mungkin berubah, bisa jadi jika sebelumnya Bunda membenci sayur, justru selama hamil lebih suka makan sayur-sayuran. 

Walau begitu, melewati atau menghindari makan selama hamil sangat tidak sehat, terlebih pada masa-masa awal kehamilan. Bayi membutuhkan lebih banyak mineral dan nutrisi untuk pembentukan organ-organ vital agar berkembang dengan baik.

2. Merasa khawatir karena kelebihan berat badan

Kenaikan berat badan selama hamil merupakan hal yang normal, terlebih karena Bunda makan makanan sehat dan tanpa batasan yang membuat hormon Bunda terus mengalami perubahan.

Bunda tidak perlu khawatir akan perubahan berat badan yang dialami selama kehamilan. Rasa khawatir berlebih justru akan membuat kondisi Bunda dan bayi menjadi lebih buruk.

Sebaiknya tetap jaga pikiran agar tenang, lakukan kegiatan yang santai, dan makan makanan yang sehat dapat jadi solusi untuk menghindari stres dan rasa khawatir berlebihan.

3. Pengobatan mandiri

Saat hamil, akan banyak perubahan yang Bunda alami, termasuk segi kesehatan. Bunda bisa saja merasa nyeri otot, kembung, mual, masalah pada pencernaan, dan lain sebagainya.

Namun, hal tersebut bukan berarti dapat diatasi sendiri dengan melakukan pengobatan secara pribadi atau mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter.

Saat merasakan kondisi yang kurang baik akan lebih baik jika langsung menghubungi dokter apakah Bunda harus minum obat atau hanya perlu melakukan hal-hal lain untuk meredakan sakit. Minum obat hanya ketika dokter memberikan resep untuk diminum.

Pregnant woman exercising at home during the third trimester practicing healthy and active lifestyle during pregnancyIlustrasi ibu hamil olahraga/ Foto: Getty Images/iStockphoto/vladans

4. Mengurangi aktivitas fisik

Kehamilan bisa jadi sangat mengganggu dan menghambat perempuan dalam menjalani beberapa aktivitas, beberapa orang justru mengatakan bahwa selama kehamilan Bunda harus mengurangi aktivitas fisik.

Namun, sebetulnya selama hamil Bunda harus lebih aktif dan banyak bergerak, olahraga ringan atau berjalan santai terbukti memiliki efek yang baik untuk kesehatan Bunda dan bayi, lho.

Lihat halaman berikut kesalahan apa saja yang biasa terjadi.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 8 penyebab dan dampak BB melonjak saat hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
POLA HIDUP TAK SEHAT LAINNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!