sign up SIGN UP search

kehamilan

Kapan Haid setelah Nifas? Tergantung Bun, Apakah Menyusui atau Tidak

Melly Febrida   |   Haibunda Jumat, 09 Sep 2022 17:15 WIB
ilustrasi pembalut caption
Jakarta -

Kapan haid pertama setelah nifas? Ini mungkin menjadi pertanyaan banyak Bunda yang melahirkan beberapa waktu lalu. Bunda mungkin salah satu yang khawatir jika tidak haid (menstruasi), jangan-jangan malah hamil anak kedua.

Karena pada beberapa ibu menyusui (busui), jadwal haid jadi tidak teratur sehingga Bunda bisa saja tidak haid dalam beberapa bulan.

Siklus menstruasi Bunda tentu hiatus selama masa kehamilan. Setelah melahirkan, rampung masa nifas, Bunda belum tentu langsung menstruasi. Kapan itu akan terjadi dan seperti apa rasanya haid pertama setelah melahirkan? 


Haid pertama setelah nifas

Laman Parents menuliskan waktu haid pertama setelah melahirkan itu tergantung apakah Bunda menyusui secara eksklusif atau tidak. Busui yang menyusui bayinya cenderung memulai menstruasinya lebih lambat ketimbang jika memberikan susu formula. Apa sebabnya?

Hormon yang disebut prolaktin mendorong produksi susu, dan pada dasarnya menghambat ovulasi. Ketika busui tidak berovulasi, tidak mengalami menstruasi. Jadi busui yang belum menstruasi selama enam bulan atau lebih itu normal. Bahkan ada yang belum menstruasi selama menyusui. 

Bagaimana jika tidak menyusui? Amina White, M.D., profesor kebidanan dan ginekologi di University of North Carolina di Chapel Hill menjelaskan bahwa orang yang tidak menyusui mungkin mendapat haid pertamanya lebih cepat, sekitar empat hingga delapan minggu setelah melahirkan.

Nah untuk Bunda yang kombinasi, maksudnya menyusui juga memberi susu formula, kata White, mungkin tidak haid selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Hal senada disampaikan Debra Rose Wilson, seorang profesor, peneliti, dan praktisi kesehatan holistik. Menurutnya, Bunda akan kembali haid sekitar enam hingga delapan minggu setelah melahirkan jika tidak menyusui. 

"Jika Anda menyusui, waktu kembalinya haid bisa berbeda-beda. Mereka yang mempraktikkan ASI eksklusif mungkin tidak mengalami menstruasi sepanjang waktu mereka menyusui," ujar Wilson dilansir Healthline. 

Ketika Busui kembali menstruasi, ada kemungkinan akan memengaruhi suplai air susu ibu (ASI). Misalnya saja suplai ASI menurun atau perubahan seberapa sering bayi ingin menyusu. 

"Perubahan hormon juga dapat memengaruhi komposisi ASI Anda dan bagaimana rasanya pada bayi Anda. Namun, perubahan ini biasanya sangat kecil, dan seharusnya tidak memengaruhi kemampuan untuk menyusui bayi," jelas Wilson.

Untuk penjelasan kemungkinan hamil meski belum menstruasi, klik halaman berikutnya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 ciri pendarahan nifas yang perlu diwaspadai.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
HAMIL SEBELUM HAID
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!