sign up SIGN UP search


kehamilan

Perlukah Ibu Hamil Minum Vitamin Tambahan?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 14 Sep 2022 07:00 WIB
Ilustrasi Vitamin Hamil caption
Jakarta -

Vitamin tambahan atau suplemen dapat diminum selama kehamilan. Tapi, penggunaan vitamin tambahan ini sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter ya, Bunda.

Pemberian suplementasi dapat diberikan pada Bunda hamil yang kekurangan asupan nutrisi tertentu. Misalnya, ibu hamil atau bumil harus mencukupi kebutuhan zat besinya.

"Suplementasi zat besi dibutuhkan ibu hamil yang kekurangan sel darah merah atau mengalami anemia. Suplementasi zat besi juga diberikan pada Bunda hamil untuk mencegah kekurangan zat besi," kata Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Paruh Waktu di RS Hermina Jatinegara, dr. Adila Rossa Amanda Malik, Sp.OG, kepada HaiBunda belum lama ini.

Selain suplemen zat besi, asam folat juga sering dijadikan vitamin tambahan. Suplemen asam folat sering diresepkan oleh dokter untuk mencegah risiko gangguan pembentuk saraf pada janin.

Menurut Staf Medis Women Health Service RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, dr. Ilham Utama Surya, SpOG, beberapa studi menyarankan suplementasi asam folat. Hal tersebut dikaitkan dengan penurunan kejadian preeklamsia (keracunan dalam kehamilan), persalinan kurang bulan, dan berat bayi lahir rendah.

"Penelitian-penelitian tersebut masih kontroversial dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Namun, dengan pertimbangan manfaat lebih besar daripada risiko, suplementasi asam folat dianjurkan untuk ibu hamil," ujar Ilham saat dihubungi HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Bila Bunda memutuskan untuk konsumsi suplemen, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter ya. Selain dari vitamin tambahan, sebenarnya asupan nutrisi penting bisa didapatkan dari makanan sehari-hari lho.

Beberapa jenis makanan ini bahkan bisa dikonsumsi untuk mengurangi morning sickness di awal kehamilan. Nah, berikut 3 makanan kaya vitamin untuk ibu hamil yang bisa mengatasi morning sickness.

1. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang dapat dijadikan camilan bergizi dan padat energi. Buah ini mengandung vitamin C dan vitamin B6 yang bermanfaat untuk kesehatan bumil.


Manfaat pisang untuk bumil

Kandungan vitamin B6 di pisang dapat mengurangi rasa mual dan morning sickness lho. Selain itu, pisang juga mengandung kalium yang dapat menjaga kesehatan jantung.

Baca halaman berikutnya untuk tahu jenis makanan lain yang dapat meringankan morning sickness.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga serba-serbu kalsium untuk bumil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
VITAMIN TAMBAHAN DARI MAKANAN UNTUK ATASI MORNING SICKNESS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!