sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Manfaat Daun Melinjo untuk Kehamilan dan Tips Mengolahnya

Nanie Wardhani   |   Haibunda Jumat, 23 Sep 2022 19:40 WIB
Ilustrasi daun melinjo Ilustrasi daun melinjo/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Bowonpat Sakaew

Sebagai salah satu jenis sayuran, melinjo dan daun melinjo memang memiliki banyak manfaat. Tapi, apakah ada manfaat daun melinjo khusus untuk kehamilan?

Seperti yang Bunda ketahui, ketika mengandung, apa yang Bunda konsumsi, akan dikonsumsi juga oleh Si Kecil. Karena itu, Bunda perlu memilah dan memilih apa yang akan Bunda konsumsi. Termasuk mencari tahu tentang daun melinjo.

Dilansir dari Forest Eract, tumbuhan melinjo tidak memerlukan kriteria tanah tertentu untuk bisa tumbuh. Dengan kata lain, tumbuhan melinjo akan sangat mudah tumbuh, terutama jika terkena sinar matahari. Oleh karena itu, melinjo ditemukan di berbagai wilayah Asia Tenggara.


Daun melinjo seringkali digunakan di dalam berbagai menu masakan, khususnya di Indonesia. Daun melinjo bisa disantap di dalam sayur asam dan berbagai varian sayur lainnya, dijadikan sebagai lalapan, bahkan diolah menjadi kerupuk melinjo.

Alasannya, tidak lain dan tidak bukan, melinjo sangat mudah didapat dan harganya yang relatif murah sebagai makanan sehat. Daun melinjo mengandung vitamin A, zat besi, magnesium, kalsium, serat, fosfor, dan zinc.

Manfaat daun melinjo untuk ibu hamil

Lalu, apa saja manfaat daun melinjo untuk ibu hamil? Berikut berbagai manfaatnya.

1. Menjaga kesehatan janin

Daun melinjo yang memiliki kandungan zat besi akan menjaga kesehatan Si Kecil yang sedang Bunda kandung. Zat besi akan berperan dalam menjaga serta meningkatkan sel darah merah.

2. Menyehatkan tulang Bunda

Manfaat selanjutnya dari daun melinjo adalah dapat menjaga kesehatan tulang saat kehamilan. Hal ini karena adanya kandungan kalsium dan magnesium yang bisa menghindarkan Bunda dari osteoporosis.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Satu lagi kandungan daun melinjo yang bermanfaat bagi ibu hamil adalah antioksidan. Kandungan ini dapat menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh Bunda dari berbagai penyakit.

Ilustrasi Cara Cepat HamilIlustrasi manfaat daun melinjo untuk kehamilan/ Foto: Getty Images/iStockphoto

4. Menjaga berat badan

Bunda bisa menghindari naiknya berat badan secara drastis ketika hamil dengan mengonsumsi melinjo. Sebab, melinjo akan membuat Bunda merasa kenyang lebih lama, sekaligus mengurangi kolesterol jahat, dan meningkatkan metabolisme. 

Meski begitu, ada banyak sumber yang menyebutkan bahwa ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi daun melinjo secara berlebihan. Jadi, pastikan Bunda hanya mengonsumsi daun melinjo dalam jumlah yang sewajarnya saja dan berkonsultasi dengan dokter atau profesional untuk memastikan lebih lanjut ya.

Jika Bunda ingin mengonsumsi daun melinjo, cek tips mengolahnya di halaman berikut Bunda.

Yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
TIPS MENGOLAH MELINJO YANG BAIK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!