sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Menjaga agar Luka Caesar Tetap Kering, Bunda Perlu Tahu

Siti Masitoh   |   Haibunda Kamis, 29 Sep 2022 11:18 WIB
Young pregnant woman at home, closeup caption
Jakarta -

Baik persalinan normal maupun caesar sama-sama membutuhkan perjuangan Bunda. Mungkin ada pasangan yang sudah merencanakan sejak lama mengenai persalinan dengan operasi caesar, tapi banyak yang tiba-tiba melakukannya karena beberapa faktor yang bisa saja membahayakan Bunda dan calon bayi jika tetap memaksa persalinan pervaginam.

Operasi caesar termasuk operasi besar yang disertai dengan sejumlah kondisi pasca operasi yang harus ditangani. Agar tahap pemulihan berlangsung lancar dan cepat, Bunda perlu tahu nih bagaimana cara menjaga sayatan caesar agar tetap kering setelah operasi. Sebab itu sangat penting untuk pemulihan dan kesehatan secara keseluruhan.

Cara agar luka caesar tetap bersih dan kering

Saat keluar dari rumah sakit setelah operasi caesar, OB-GYN kemungkinan besar akan mengganti pembalut Bunda sehingga dapat menjalani proses penyembuhan di rumah.


Tentu saja saat pulang ke rumah, ada kalanya Bunda merasa ingin mandi dan bekas sayatan operasi tersebut harus dijaga agar tetap bersih dan kering agar tidak menjadi tempat berkembang biak bakteri.

Menurut Dr Megan Gray, MD, seorang OB-GYN di Winnie Palmer, bila dokter sudah membuka perban pada sayatan, Bunda tetap bisa membasuhnya dengan air saat mandi. "Saat mandi, biarkan air mengenai sayatan dan mengalir ke bawah," tambahnya.

Kemudian, bisa gunakan sabun lembut tanpa pewangi untuk mencuci bagian tubuh lainnya. Gunakan sabun untuk perut bagian atas saja, jangan menggosok sayatan ya Bunda. "Kemudian bilas perut dan keringkan dengan handuk bersih dan kering atau gunakan pengering rambut pada pengaturan dingin untuk mengeringkan sayatan," kata Gray.

Untuk sementara, hindari menggosok bagian perut dengan loofa sebab area tersebut akan mati rasa sehingga tidak akan dapat mengetahui seberapa banyak tekanan yang diberikan dan dapat mengiritasi kulit tanpa menyadarinya.

Begitu pula, saat berat badan Bunda belum kembali turun, tetap harus ekstra hati-hati menjaga area sayatan agar tetap bersih dan kering. Satu-satunya cara paling efektif menjaga area tersebut tetap kering adalah dengan menghilangkan kelembapan yang mungkin tertinggal di bekas luka operasi caesar. Setelah mandi, angkat perut dan tepuk-tepuk area tersebut dengan handuk bersih hingga kering.

Klik halaman berikutnya untuk tahu lebih lanjur mengenai cara menjaga agar luka caesar tetap kering.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 6 kondisi yang timbul setelah operasi caesar.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
CARA MENGERINGKAN LUKA CAESAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!