sign up SIGN UP search


kehamilan

Cara Sederhana Menghitung Kalender Masa Subur untuk Perbesar Peluang Hamil Bunda

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 04 Oct 2022 21:20 WIB
Young woman hand holding red clock Ovulation test strip with calendar in background. Positive result. It is a time for baby.Gynecology concept caption
Jakarta -

Kalender masa subur menjadi acuan setiap wanita untuk mengetahui masa subur mereka setiap bulannya. Informasi ini biasanya cukup penting bagi pasutri yang sedang menanti kehamilan.

Saat mencoba hamil, rencana yang banyak dijadwalkan yakni bagaimana mengagendakan hubungan seks sebanyak mungkin. Tetapi, tahukah Bunda bahwa waktu hubungan seksual sebenarnya dapat meningkatkan peluang hamil?

Nah, melalui kalender masa subur biasanya memungkinkan Bunda melacak masa ovulasi dan menunjukkan dengan tepat jendela subur yang menjadi saat paling efektif dan memungkinkan seseorang untuk hamil.


Kalender masa subur

Melansir Baby Center, kalender masa subur dapat memperkirakan kapan seseorang berovulasi dengan menghitung mundur 14 hari dari hari Bunda mengharapkan menstruasi berikutnya. Jika siklus period Bunda 28 hari, period berikutnya harus dimulai 28 hari dari hari pertama menstruasi terakhir.

Masa subur ini dapat mencakup hari seseorang berovulasi dan lima hari sebelumnya. Tetapi, perlu diingat bahwa Bunda lebih mungkin untuk hamil selama tiga hari terakhir dari jangka waktu ini. 

Ovulasi sendiri terjadi ketika ovarium melepaskan sel telur yang matang ke dalam tuba falopi dan bergerak menuruni tuba falopi ke dalam rahim, kata Obosa Osawe, M.D, seorang obgyn di Piedmont Physicians Obstetrics and Gynecology di Newnan, Gerogia.

"Sekitar 24-36 jam sebelum ovulasi, hormon LH melonjak dan memicu pelepasan sel telur. Telur bertahan sekitar 12-24 jam di saluran reproduksi, dan jika dibuahi dengan sperma selama jangka waktu ini, seseorang bisa hamil. Jika sperma tidak membuahi sel telur, itu diserap kembali dan ditumpahkan dengan lapisan rahim selama masa period,"ujarnya seperti dikutip dari laman Parents.

Klik di halaman selanjutnya untuk informasi selengkapnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 cara menentukan masa subur wanita.

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
KALENDER MASA SUBUR, BAGAIMANA CARA MENGHITUNGNYA?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!