sign up SIGN UP search


kehamilan

2 Cara Mudah Menghitung Masa Subur setelah Haid, Perbesar Peluang Hamil Bun

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Selasa, 27 Sep 2022 07:00 WIB
Ilustrasi Masa Subur caption
Jakarta -

Menghitung masa subur setelah haid bisa membantu Bunda mendapatkan kehamilan lebih cepat. Karena, ada hari-hari tertentu saat tubuh wanita berada di kondisi yang paling subur untuk melakukan hubungan seks sehingga Bunda akan lebih berpeluang untuk hamil.

Siklus haid yang normal bisa dihitung sejak hari pertama Bunda mengeluarkan darah haid hingga hari terakhir siklus haid, yaitu hari sebelum haid berikutnya dimulai. Panjang siklus haid yang dianggap normal adalah antara 21−35 hari.

Menghitung masa subur setelah haid

Merujuk dari Yourfertility, kehamilan secara teknis hanya mungkin terjadi jika Bunda berhubungan seks selama lima hari sebelum ovulasi atau pada hari ovulasi ya. Tetapi hari-hari paling subur adalah tiga hari menjelang dan termasuk pada masa ovulasi. Berhubungan seks selama waktu ini memberi Bunda peluang terbaik untuk hamil.
 
Setelah mengetahui seberapa penting hubungan masa subur dengan peluang kehamilan Bunda, yuk kita ketahui kapan masa subur yang bisa Bunda manfaatkan agar lebih berpeluang hamil. Simak terus ya.


Cara menghitung masa subur

Mengetahui kapan ovulasi terjadi adalah hal penting sebab pada saat itulah sel telur dilepaskan dari ovarium dan harus segera dibuahi dalam waktu 12–24 jam. Pertemuan antara sel telur dan sperma di waktu yang tepat dapat berpeluang besar untuk menghasilkan embrio. Nah, masa subur wanita adalah 2–5 hari sebelum ovulasi, Bunda. 

Masa ovulasi ini bisa berbeda-beda pada setiap Bunda. Tergantung lamanya siklus haid pada setiap bulannya. Misalnya, dalam siklus haid yang rata-rata 28 hari, ovulasi biasanya terjadi di hari ke-12 hingga ke-14 setelah haid hari pertama.

Lantas bagaimana dengan lama masa haid Bunda yang bisa berubah-ubah dari waktu ke waktu yang normalnya berlangsung 2 sampai 7 hari? Kondisi ini membuat ovulasi dapat berbeda sepekan lebih cepat atau lebih lambat dibanding periode sebelumnya ya, Bunda.

 Maka dari itu, untuk menghitung masa subur Bunda, umumnya dihitung berdasarkan catatan dan analisis siklus haid selama setidaknya 8 bulan terakhir. Berikut adalah cara menghitung masa subur wanita:

1. Ketahui siklus terpendek

Sebagai contoh, siklus terpendek menstruasi Bunda adalah 27 hari. Kurangi 27 dengan 18 dan hasilnya adalah 9. Angka ini adalah hari pertama saat Bunda berada pada posisi paling subur.

2. Ketahui siklus terpanjang 

Sebagai contoh, siklus terpanjang menstruasi Bunda adalah 30 hari. Kurangi 30 dengan 11 dan hasilnya adalah 19. Angka ini adalah hari terakhir saat Bunda paling subur.
 
Dengan demikian, jika siklus haid Bunda rata-rata adalah 27–30 hari, masa paling subur Bunda adalah pada hari ke-9 hingga ke-19.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 cara menentukan masa subur wanita:

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
INDIKATOR LAIN MASA SUBUR SETELAH HAID
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!