sign up SIGN UP search

kehamilan

Cara Sederhana Menghitung Kalender Masa Subur untuk Perbesar Peluang Hamil Bunda

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 04 Oct 2022 21:20 WIB
KALENDER MASA SUBUR, BAGAIMANA CARA MENGHITUNGNYA?
Young woman hand holding red clock Ovulation test strip with calendar in background. Positive result. It is a time for baby.Gynecology concept caption

Cara menghitung dengan kalender masa subur

Tanda-tanda ovulasi perlu Bunda ketahui jika memang sedang menanti kehamilan. Saat ovulasi, beberapa wanita mengaku lendir serviks menjadi lebih ringan dan lebih licin.

Lendir berkualitas subur ini membantu sperma bergerak lebih mudah melalui saluran reproduksi. Meskipun tidak semua orang mengalami gejala ovulasi, beberapa tanda lain mungkin termasuk juga dirasakan yakni:

  • Payudara terasa lebih lembut
  • Indera penciuman yang meningkat
  • Libido meningkat
  • Nyeri panggul ringan
  • Mengalami bercak
Banner Ucapan Agar Anak Cerdas

Untuk mengetahui masa subur, kalender masa subur bisa dimanfaatkan untuk melacak ovulasi seseorang. Kalender masa subur akan menentukan kapan masa paling subur seseorang. Ada beberapa cara untuk melacak ovulasi dengan cara lainnya, termasuk di antaranya menggunakan aplikasi pelacak ovulasi yang membantu Bunda melacak dan merekam informasi tentang siklus haid. 


Bisa juga melalui ovulation predictor kits yang mendeteksi hormon LH dalam urine guna memprediksi ovulasi, atau dengan memetakan lendir serviks yang dapat membantu seseorang mengidentifikasi perubahan tekstur yang sering menandakan ovulasi akan datang. Atau, Bunda dapat memetakan suhu basal tubuh dimana dapat membantu mengidentifikasi masa subur sehingga dapat mengagendakan waktu berhubungan seks yang tepat.

Pasutri yang mencoba untuk hamil dapat merencanakan hubungan seks di sekitar waktu tersebut karena menjadi waktu optimal untuk mendapatkan peluang kehamilan. Dan, kemungkinan kehamilan paling tinggi pada hari ovulasi dan 12 jam menjelang itu. Jadi, manfaatkan momen tersebut untuk mendapatkan peluang kehamilan terbesar ya, Bunda.

Semoga informasinya membantu, Bunda.

(pri/pri)
program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!