sign up SIGN UP search

kehamilan

Bahaya Ibu Hamil Doyan Ngemil Keripik Kentang, Bisa Picu Alergi hingga Obesitas

Jessica Elisabeth Gunawan   |   Haibunda Sabtu, 01 Oct 2022 13:50 WIB
Ibu hamil makan keripik kentang caption
Jakarta -

Saat sedang mengandung Si Kecil, sering kali muncul keinginan untuk makan makanan tertentu. Hal ini biasa disebut dengan istilah ngidam’ di masyarakat Indonesia. Ngidam Bunda yang sedang hamil bisa bermacam-macam mulai dari makanan yang sangat pedas hingga makanan dengan rasa yang spesifik. 

Bunda juga bisa saja ngidam makan keripik kentang sebagai camilan. Namun ternyata, mengonsumsi keripik kentang berisiko untuk ibu hamil, lho.

Keripik kentang dan makanan berminyak mengandung omega 6, utamanya linoleic acid. Penelitian menemukan bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung linoleic acid dapat menimbulkan peradangan. Bahkan, risiko penyakit jantung pun meningkat jika mengonsumsi linoleic acid secara berlebihan.


Dalam The Journal of Physiology dikutip dari Indian Express, ibu hamil baiknya menghindari makan terlalu banyak minyak dan keripik kentang. Temuan dalam penelitian tersebut menyatakan bahwa makan makanan dengan tiga kali asupan harian linoleic acid yang direkomendasikan mungkin berbahaya bagi kehamilan. Konsumsi makan makanan tersebut dapat meningkatkan risiko komplikasi pada kehamilan dan perkembangan janin yang buruk.

Diet dan pola konsumsi makan ibu hamil memiliki diet ketat tentang makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh mereka konsumsi. Sebab apa yang dikonsumsi ibu hamil dapat berdampak langsung pada perkembangan janin secara internal dan eksternal.

"Penting bagi wanita hamil untuk mempertimbangkan diet mereka, dan penelitian kami adalah contoh lain. Berpotensi mengonsumsi terlalu banyak jenis nutrisi tertentu dapat berdampak negatif pada pertumbuhan bayi," kata penulis utama studi Deanne Skelly, profesor di Universitas Griffith Australia.

Dampak negatif apa saja, sih yang memengaruhi pertumbuhan Si Kecil jika Bunda terlalu banyak ngemil keripik kentang? Baca halaman selanjutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cerita Dea Ananda ingin lihat binatang:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
DAMPAK NEGATIF BUMIL GEMAR NGEMIL KERIPIK KENTANG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!