sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Jenis Ngidam Ibu Hamil dan Artinya, Termasuk Ingin Makan Cokelat dan Es Krim

Siti Masitoh   |   Haibunda Jumat, 23 Sep 2022 11:58 WIB
ilustrasi ibu hamil makan 7 Jenis Ngidam Ibu Hamil dan Artinya, Termasuk Ingin Makan Cokelat dan Es Krim/Foto: iStock
Jakarta -

Mengidam adalah hal identik untuk ibu hamil. Kondisi yang satu ini memang unik ya Bunda karena terkadang mengidam bisa muncul tiba-tiba dan jenisnya pun macam-macam.

Ngidam bisa dialami sejak awal kehamilan bahkan hingga trimester akhir. Selain itu yang membuat ngidam ini menjadi sebuah keunikan tersendiri saat hamil adalah beberapa keinginan bumil yang tak biasa, mulai dari ingin mangga muda hingga hal-hal aneh.

Contohnya saja Bunda seleb Dea Ananda yang pada kehamilan pertamanya mengidam ingin pergi ke Taman Safari. "Itu enggak tahu ngidam atau bukan, tapi dari minggu lalu bilang ke dia (Ariel), pingin ke Taman Safari. Awalnya, dia itu suka ngomong sama perut ya, 'Jadi anak yang sayang sama binatang'. Abis ngomong begitu langsung ingin ke Taman Safari atau pingin lihat banyak binatang," ujar Dea kepada HaiBunda beberapa waktu lalu.


Jenis ngidam ibu hamil dan artinya

Ternyata, keinginan bumil saat hamil atau mengidam itu ada maknanya lho Bunda, terutama bila Bunda mengidam makanan. "Saat hamil, ibu bisa aja menginginkan untuk makan makanan tertentu baik cokelat, buah, maupun sayuran. Bahkan mungkin bisa saja tiba-tiba ingin makan makanan yang sebelumnya tak disukai," kata konsultan dokter kandungan dan ginekolog di The Portland Hospital, Ellis Downes.

Jenis mengidam itu beragam dan juga memiliki arti lho Bunda. Entah saat mengidam menginginkan memakan makanan tertentu atau bahkan mengidamkan hal lain seperti Dea Ananda. Bahkan mengidam sering kali dikaitkan dengan indikator jenis kelamin bayi.

Mengidam makanan biasanya terjadi karena adanya perubahan kadar hormon dan kekurangan nutrisi. Melansir laman Goodto.com, terdapat beberapa jenis makanan yang sering menjadi keinginan mengidam bagi wanita hamil. Simak beberapa jenis mengidam dan artinya di bawah ini:

1. Ngidam cokelat

Siapa Bunda di sini juga ngidam cokelat saat hamil? Ternyata ada alasan kenapa ibu hamil mendambakan cokelat lho Bunda. Downes mengatakan bahwa cokelat mengandung vitamin B jadi mungkin Bunda kekurangan vitamin ini sehingga mendambakan cokelat selama kehamilan.

"Namun, cokelat mengandung kadar gula yang tinggi, jadi penting untuk menikmati makanan ini sesekali dan dalam jumlah kecil," tambahnya. Bunda bisa menggantinya dengan makanan sehat lain, seperti susu, yogurt tanpa pemanis, dan almond.

Sedangkan cokelat hitam memiliki lebih banyak manfaat kesehatan karena kaya akan antioksidan. Penelitian menunjukkan, kurangnya antioksidan dalam tubuh selama kehamilan dapat menyebabkan stres oksidan yang berlebih di dalam plasenta dan sirkulasi ibu sehingga dapat menyebabkan gejala pre-eklampsia dan keguguran.

2. Ngidam stroberi

Selain cokelat, ibu hamil juga sering memilih stroberi menjadi makanan dambaannya. Mengidam stroberi baik untuk kesehatan lho Bunda. "Stroberi mengandung vitamin C tingkat tinggi yang dapat membantu perkembangan janin," ungkap Downes.

Jadi, saat mengidam stroberi mungkin Bunda tengah kekurangan vitamin C yang memiliki manfaat untuk membantu Bunda menyerap zat besi dalam jumlah yang diperlukan dari makanan.

Klik halaman berikutnya untuk tahu lebih lanjut tentang jenis ngidam makanan dan artinya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cerita Dea Ananda ngidam lihat binatang:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
NGIDAM ALPUKAT HINGGA SAYURAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!