sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Makanan yang Tak Boleh Dilahap Pasca Operasi Caesar, Adakah Favorit Bunda?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 22 Nov 2022 20:40 WIB
Ngidam Cokelat atau Gorengan Jadi Sinyal Tubuh Butuh Asupan Nutrisi 7 Makanan yang Tak Boleh Dilahap Pasca Operasi Caesar, Adakah Favorit Bunda?/Foto: Getty Images/iStockphoto/TolikoffPhotography
Jakarta -

Makanan yang tidak boleh dimakan setelah operasi caesar biasanya menjadi concern para Bunda. Demi pemulihan, memang pemilihan makanan yang tepat perlu diperhatikan. Nah, kira-kira apa saja ya, makanan yang tidak boleh dimakan tersebut, Bunda?

Operasi caesar menjadi salah satu prosedur bedah yang paling umum. Namun, prosedur ini memang memerlukan perhatian khusus. Karena itu, memperhatikan pola makan setelah operasi caesar penting untuk mempercepat pemulihan dan mendukung produksi ASI yang optimal.

Makanan yang tidak boleh dimakan setelah operasi caesar

Sedianya, baik persalinan normal atau operasi caesar, nutrisi optimal mempercepat pemulihan dan meningkatkan tingkat energi secara keseluruhan. Menurut pedoman diet yang diterbitkan The US Department of Agriculture, ibu baru yang sedang menyusui mungkin memerlukan asupan harian tambahan 450-500 kalori. Selain itu, dibutuhkan juga tambahan vitamin dan mineral.


Asupan yang lebih tinggi direkomendasikan untuk wanita yang menyusui lebih dari satu bayi atau kekurangan berat badan yang secara teratur melakukan aktivitas fisik. Hal ini penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan bayi yang sedang tumbuh.

"Diet seimbang  memberikan semua nutrisi makro dan mikro yang dibutuhkan untuk bayi yang sedang tumbuh," ujar Swati Patwal, M.Sc, Food & Nutrition, seperti dikutip dari laman Mom Junction.

Selain memenuhi diet seimbang, penting juga bagi ibu menghindari makanan seperti:

1. Makanan olahan

Ketimbang makanan segar, makanan olahan cenderung mengandung kadar lemak, gula, garam, dan bahan kimia tambahan yang lebih tinggi. Belum lagi kandungan serat dan vitamin yang lebih sedikit.

2. Makanan tinggi lemak

Terutama setelah operasi caesar karena hanya akan menambah berat badan.

3. Makanan pedas

Bunda juga sebaiknya menghindari makanan pedas karena dapat menyebabkan masalah lambung. Pertahankan variasi dan diet serta mengonsumsi semua makanan dalam jumlah sedang.

4. Minuman karbonasi

Kemudian, Bunda juga dapat menghindari minuman berkarbonasi yang dapat menyebabkan gas dan perut kembung. Hilangkan juga jus jeruk untuk sementara waktu. Kalaupun ingin meminumnya, konsumsilah dalam jumlah kecil. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 6 kondisi yang timbul setelah operasi caesar.

[Gambas:Video Haibunda]



HINDARI MINUMAN BERKAFEIN HINGGA MAKANAN YANG MENGANDUNG GAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!