sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Pilihan Obat Sembelit untuk Ibu Hamil, Simak Jenis yang Aman untuk Janin

Melly Febrida   |   Haibunda Minggu, 13 Nov 2022 18:33 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil Sembelit caption

Selama ini, pepaya banyak digunakan sebagai obat alami sembelit untuk ibu hamil (bumil). Selain itu, ibu hamil juga disarankan untuk memperbanyak minum air putih agar lancar Buang Air Besar (BAB).

Jika pengobatan rumahan ini tidak berhasil, sudah saatnya bumil mendiskusikannya dengan dokter. Hal ini penting karena ibu hamil tak boleh minum obat sembarangan agar tak ganggu perkembangan janin.

Penyebab ibu hamil sembelit

Ada berbagai penyebab bumil mengalami sembelit, salah satunya hormon. Sembelit ini juga bisa dialami di awal kehamilan tapi ada juga bumil yang mengalami di akhir kehamilan. 


Asisten dokter di Santa Maria, CA, Holly Ernst, PA-C, menjelaskan penyebab sembelit selama kehamilan itu tergantung pada tahap di mana terjadinya. Penyebab sembelit pada ibu hamil itu antara lain:

  1. Hormon: Perubahan kadar hormon pada awal kehamilan menyebabkan usus memperlambat pergerakan tinja melalui usus. Lambatnya gerakan ini menyebabkan sejumlah air diserap usus besar, yang membuatnya menjadi lebih padat dan sulit dikeluarkan.
  2. Vitamin prenatal: Vitamin prenatal penuh dengan zat besi, mineral penting yang bumil butuhkan dan tak boleh kekurangan selama kehamilannya. Zat besi dapat menyebabkan sembelit dan tinja yang keras dan berwarna hitam.
  3. Tekanan dari rahim: Pada kehamilan selanjutnya, rahim yang tumbuh dapat memberi tekanan pada usus, membuatnya lebih sulit untuk memindahkan tinja melalui usus.

"Selain buang air besar yang jarang, sembelit dapat menyebabkan kembung, ketidaknyamanan perut, dan tinja yang keras dan kering yang menyakitkan untuk dikeluarkan. Ini juga dapat menyebabkan perasaan bahwa tidak semua tinja telah keluar," kata Ernst dikutip dari Medicalnews Today.

Obat rumahan untuk sembelit ibu hamil

Selama hamil, Ernst sering menjumpai bahwa para bumil mengobati sembelit dengan pengobatan rumahan. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan berserat, banyak minum cairan, atau aktif bergerak untuk membantu tinja bergerak melalui usus.

Namun, jika pengobatan rumahan tidak berhasil, mungkin sudah saatnya mendiskusikan pilihan lain dengan dokter. "Untuk wanita yang mengonsumsi vitamin prenatal yang tinggi zat besi, dokter mungkin menyarankan untuk mencoba vitamin yang mengandung lebih sedikit zat besi," ujarnya.

Selain itu, Ernst mengatakan bahwa dokter kemungkinan memberikan obat sembelit untuk ibu hamil berupa pencahar, yang membuatnya lebih mudah dan lebih nyaman untuk pergi ke kamar mandi. Tapi hati-hati juga dengan obat pencahar, Bunda.

Meskipun banyak obat pencahar yang tersedia tanpa resep, bumil tetap harus memeriksakan ke dokter mana yang aman dikonsumsi.

"Umumnya aman untuk menggunakan obat pencahar lembut, tetapi yang terbaik adalah menghindari obat pencahar stimulan karena dapat menyebabkan kontraksi rahim," katanya.

Obat pencahar apa saja yang aman dikonsumsi ibu hamil? Klik halaman berikutnya untuk mengetahui jawabannya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga obat sembelit untuk bunda setelah melahirkan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
OBAT PENCAHAR UNTUK SEMBELIT PADA IBU HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!