sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Alasan Ibu Hamil Perlu Seorang Pendamping untuk Menjalani Proses Persalinan

Siti Masitoh   |   Haibunda Senin, 14 Nov 2022 22:20 WIB
Father and mother holding a new born baby with a doctor in a hospital room 3 Alasan Ibu Hamil Perlu Seorang Pendamping untuk Menjalani Proses Persalinan/Foto: Getty Images/iStockphoto/Wavebreak
Jakarta -

Melahirkan merupakan proses yang dinantikan para calon Bunda dan Ayah. Di momen inilah, Bunda akan berjuang melahirkan dan hingga akhirnya bisa memeluk Si Kecil yang telah dirindukan selama 9 bulan lamanya.

Baik itu persalinan normal maupun caesar, seorang Bunda tentu memerlukan orang-orang yang bisa mendukungnya dalam menjalani dan melalui proses melahirkan.

Kehadiran seorang pendamping, bisa Ayah ataupun yang lainnya mampu membuat seorang calon Bunda merasa tenang, fokus, dan bisa memberikan dukungan fisik sekaligus kenyamanan saat membutuhkannya.


Pentingnya pendamping saat bersalin

Saat melahirkan, Bunda tentu memerlukan dukungan agar lebih termovitasi dan merasa tenang saat melahirkan. Pendamping untuk melahirkan ini berperan untuk memberikan dukungan praktis dan emosional saat Bunda melahirkan.

Terdapat banyak manfaat jika Bunda memiliki pendamping atau pendamping bersalin lho. Bahkan bidan serta dokter juga mendorong agar Bunda melibatkan pasangan bersalin dalam proses persalinan.

Melansir laman Babycare, ada bukti yang menunjukkan ibu hamil yang selalu mendapat dukungan dari seseorang akan mampu mengatasi proses persalinan dengan lebih baik dan bahagia, terutama untuk kesan pengalaman kelahiran pertama.

Dengan begitu, waktu persalinan juga jadi lebih singkat lho. Memilih seseorang yang Bunda kenal untuk mendukung selama persalinan bisa membuat pengalaman melahirkan tidak begitu menakutkan dan bisa meningkatkan kepercayaan diri.

Melansir laman Timesofindia, terdapat tiga alasan mengapa Bunda harus memiliki pendamping selama persalinan.

1. Bisa memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan saat persalinan

Pendamping bisa memberikan dukungan emosional dan kenyamanan fisik yang sangat Bunda butuhkan selama persalinan. Sebab, ia merupakan seseorang yang mengenal Bunda dengan sangat baik.

Pendamping akan tahu bagaimana cara menenangkan Bunda, apa yang harus dikatakan atau dilakukan untuk membantu Bunda selama persalinan. Pendamping ini bisa Ayah, ibunda, adik, atau sahabat, siapa pun yang sangat Bunda percayai dan bisa memahami Bunda dengan baik.

“Bagi ibu hamil, pendamping saat melahirkan tidak harus suaminya. Bisa jadi ibu mereka, ibu mertua, atau siapa pun yang mereka percayai sepenuhnya,” kata dr. Panchampreet Kaur dikutip dalam web Sitarambhartia.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tau lebih banyak tentang pendamping yang perlu ada saat Bunda melahirkan.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang tips melahirkan normal agar tak terasa sakit.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
BAGAIMANA PENDAMPING MEMBANTU BUNDA MELAHIRKAN CAESAR?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!