sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Pilihan Alat Kontrasepsi yang Aman untuk Pengantin Baru

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 13 Nov 2022 17:50 WIB
Suami dan istri caption
Jakarta -

Salah satu persiapan menikah yang tidak boleh dilupakan adalah merencanakan kehamilan. Salah satunya adalah memilih alat kontrasepsi, Bunda.

Ada banyak pilihan kontrasepsi yang aman untuk menunda kehamilan, Bunda. Untuk mengetahui efektivitas dan cara menggunakannya, pasangan suami istri bisa mendapatkan informasi dari tenaga medis.

Pilihan alat kontrasepsi untuk pengantin baru

Penggunaan alat kontrasepsi dapat membantu perencanaan kehamilan bagi pasangan yang baru menikah. Nah, berikut telah HaiBunda rangkum 7 pilihan alat kontrasepsi yang aman untuk pengantin baru:


1. Kondom

Kondom bisa menjadi pilihan kontrasepsi yang aman untuk pengantin baru. Alat KB ini bisa mencegah kehamilan dan melindungi suami istri dariĀ infeksi menular seksual (IMS).

Kondom juga tidak memiliki efek samping atau mengganggu siklus haid. Penggunaannya pun tak perlu resep dokter atau pemeriksaan khusus.

Menurut NHK Inggris, kondom adalah kontrasepsi 'penghalang'. Kondom terbuat lateks yang sangat tipis, yakni poliuretan atau poliisoprena. Kontrasepsi ini dirancang untuk mencegah kehamilan dengan cara menghentikan sperma bertemu sel telur, Bunda.

Meski aman, bahan latex di kondom bisa menimbulkan alergi pada beberapa orang, Bunda. Selain itu, cara dan kedisiplinan dalam penggunaannya sangat mempengaruhi keberhasilan kontrasepsi.

2. Alat kontrasepsi Pil KB

Pil KB adalah jenis kontrasepsi hormonal. Setiap pasangan suami istri, termasuk yang baru menikah, dapat menggunakannya untuk program hamil.

Bunda yang baru menikah dapat minum pil KB kombinasi atau progestin. Pil KB kombinasi mengandung dua hormon. Sementara itu, pil KB progestin hanya mengandung satu hormon saja.

"Pil KB mengandung turunan hormon estrogen dan progesteron atau hanya sintesis progesteron," kata Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Paruh Waktu di RS Hermina Jatinegara, dr. Adila Rossa Amanda Malik, Sp.OG, saat dihubungi HaiBunda, belum lama ini.

Pil KB cocok untuk Bunda yang baru menikah karena tidak akan mengganggu saat berhubungan seksual. Tapi efektivitasnya dapat menurun bila tidak diminum sesuai jadwal. Selain itu, alat KB ini tidak menjamin Bunda terhindar dari penularan HIV atau IMS.

Cara kerja alat kontrasepsi pil KB

Dikutip dari Monitoring Berkualitas (MONIKA) BKKBN, pil KB bekerja dengan cara mencegah pelepasan sel telur dari indung telur. Selain itu, kontrasepsi ini juga bisa mengentalkan lendir rahim sehingga dapat mengganggu pertemuan antara sperma dan sel telur.

Baca halaman berikutnya untuk mengetahui pilihan alat kontrasepsi lainnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 rekomendasi kondom yang aman untuk mencegah kehamilan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
PILIHAN KONTRASEPSI UNTUK PENGANTIN BARU: PIL KB HINGGA IMPLAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!