sign up SIGN UP search


kehamilan

Tren Bumil Pakai BabyPlus, Benarkah Bisa Stimulasi Perkembangan Otak Janin?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 15 Nov 2022 19:15 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil Tren Bumil Pakai BabyPlus, Benarkah Bisa Stimulasi Perkembangan Otak Janin?/ Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Perkembangan teknologi membuat banyak orang berlomba-lomba menciptakan alat canggih untuk menstimulasi perkembangan otak. Tak terkecuali untuk bayi yang belum lahir, Bunda.

Salah satu yang cukup populer saat ini adalah tren ibu hamil menggunakan BabyPlus. Teknologi ini disebut juga sekolah bayi dalam kandungan.

Melansir laman resminya, BabyPlus digunakan untuk memberikan stimulasi pendengaran yang dirancang untuk memicu perkembangan kognitif dan meningkatkan bonding antara Bunda dan bayi dalam kandungannya. Saat bayi mendengar suara dari BabyPlus, di situlah pembelajaran dimulai.


BabyPlus dapat digunakan mulai usia kehamilan 18 sampai 32 minggu. Bunda cukup menempatkan alat yang dioperasikan dengan baterai ini di perut.

Saat alat ini dihidupkan, ia akan mengeluarkan suara berirama, Bunda. Durasi penggunaan alat adalah satu jam untuk dua kali pemakaian dalam sehari.

"Otak bayi dalam kandungan sangat dipengaruhi oleh kemampuan mendengar dan belajar. Faktanya, mendengar dapat membuka dunia baru yang bisa menstimulasi bayi. Saat otak bayi semakin matang, ia akan cepat merespons suara," demikian penjelasan di laman resmi BabyPlus.

Produsen BabyPlus menciptakan alat ini dengan menyertakan beberapa penelitian terkait kemampuan janin belajar dari suara yang didengarnya. Salah satunya adalah studi yang dilakukan profesor speech and hearing sciences di University of Washington di Seattle, Dr. Patricia Kuhl, Ph.D.

Dr. Kuhl menyatakan bahwa bayi tidak hanya dapat mendengar suara dan infleksi ibunya, tapi juga sudah bisa mempelajari bahasa ibunya sejak dalam kandungan. Dalam beberapa jam setelah bayi lahir, ia juga sudah dapat membedakan bahasa ibu dan bahasa asing lainnya.

"Bayi dapat mendengarkan, belajar serta mengingat selama tahap akhir kehamilan. Otak mereka tidak akan menunggu waktu kelahiran untuk mulai menyerap informasi," kata Kuhl, dilansir Web MD.

Dikutip dari Very Well Family, penggunaan BabyPlus dilaporkan sukses pada banyak orang tua. Mereka menganggap suara berirama dari alat ini memberikan efek menenangkan. Beberapa di antaranya juga mengaitkan alat ini dengan keberhasilan menyusui dini, Bunda.

Lalu benarkan BabyPlus bisa menstimulasi otak bayi dalam kandungan?

Simak penjelasan lengkap, di halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 7 buah-buahan yang bagus dikonsumsi saat hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
KATA AHLI TENTANG MANFAAT BABYPLUS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!