sign up SIGN UP search

kehamilan

Vebby Palwinta Hamil Anak Kedua, Ungkap Rasa Bahagia akan Jadi Bunda 2 Anak

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 15 Nov 2022 15:16 WIB
BEDA HAMIL PERTAMA DAN KEDUA
Vebby Palwinta caption

Bagi kebanyakan perempuan, kehamilan anak kedua bisa berbeda dengan kehamilan pertama. Perbedaan ini umumnya dirasakan saat memasuki trimester pertama, Bunda.

"Kehamilan kedua mungkin sama sekali berbeda dari kehamilan pertama," kata Shelly Holmstrom, MD, associate profesor obgyn di University of South Florida Morsani College of Medicine, di Tampa, melansir dari Parents.

Banner Tips Melahirkan Lancar

Salah satu perbedaan kehamilan pertama dan kedua bisa dirasakan dari perubahan fisik, terutama tubuh. Perubahan fisik ini dapat berdampak pada intensitas kelelahan atau frekuensi bayi menendang dalam kandungan.


Selain mudah lelah, Bunda bisa mengalami sakit punggung yang lebih intens di kehamilan kedua. Hal ini disebabkan karena ukuran bayi kedua dan ketiga cenderung lebih besar dibandingkan anak pertama.

Tapi meski kehamilan kedua cenderung lebih berat, proses melahirkan yang kedua kali ini justru bisa lebih cepat lho, Bunda. Sebab, tubuh Bunda sudah pernah melalui proses yang sama, sehingga secara anatomi lebih mudah untuk pembukaan melahirkan.

Apa yang Bunda rasakan di kehamilan kedua memang bisa berbeda dari kehamilan pertama. Tapi yang terpenting adalah menjaga kondisi tubuh agar selalu fit dengan konsumsi makanan sehat, istirahat cukup, aktif bergerak, dan menghindari stres.

(ank/pri)
kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!