sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Penyebab Keluar Gumpalan Darah saat Hamil, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 22 Nov 2022 10:40 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil Sembelit Keluar Gumpalan Darah saat Hamil: Penyebab & Cara Mengatasinya/ Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Keluarnya gumpalan darah bisa terjadi saat kehamilan. Lalu apakah ini bisa menjadi pertanda bahaya?

Gumpalan darah yang keluar dari vagina saat hamil merupakan bagian dari perdarahan. Terkadang selama hamil, bumil akan mengeluarkan gumpalan darah ini.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), perdarahan selama kehamilan bisa disebabkan karena banyak penyebab. Ada yang serius, ada pula yang tidak memerlukan perhatian serius.


"Perdarahan dapat terjadi di awal dan akhir kehamilan. Perdarahan pada awal kehamilan sering terjadi dan dalam banyak kasus, itu bukan tanda kehamilan bermasalah," tulis ACOG di laman resminya.

Namun, Bunda perlu waspada bila gumpalan darah keluar di akhir kehamilan ya. Ini bisa menjadi pertanda serius dan membutuhkan segera penanganan medis.

Penyebab keluarnya gumpalan darah saat hamil

Berikut 5 penyebab perdarahan saat hamil yang terkadang disertai keluarnya gumpalan darah:

1. Perdarahan implantasi

Perdarahan di trimester pertama terjadi pada 15-25 dalam 100 kehamilan. Perdarahan yang umum terjadi di tiga bulan pertama kehamilan ini bisa karena implantasi, Bunda.

"Pada trimester pertama kehamilan, wanita mungkin akan mengalami perdarahan akibat implantasi, yakni ketika sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim," kata dokter anak bersertifikat dan spesialis kedokteran remaja, Laura K. Grubb, MD, MPH, dilansir Single Care.

Perdarahan implantasi biasanya tidak akan menyebabkan gumpalan darah. Gumpalan biasanya terjadi bila perdarahan sudah berat, Bunda.

2. Keguguran

Keluarnya gumpalan darah saat hamil perlu diwaspadai karena bisa menjadi tanda keguguran. Dikutip dari Medical News Today, gumpalan dan jaringan yang keluar selama keguguran mungkin terlihat seperti gumpalan menstruasi biasa atau mungkin lebih besar.

Menurut NHS Inggris, jumlah perdarahan yang menyebabkan gumpalan darah biasanya tergantung pada usia kehamilan. Ukuran gumpalan darah juga dapat bervariasi pada setiap orang, ada yang besar atau kecil. Ada pula yang disertai perdarahan hebat.

Gumpalan darah pada keguguran di usia kehamilan 8-10 minggu mungkin akan terlihat besar, berwarna merah tua, dan terlihat seperti agar-agar. Gumpalan darah ini biasanya sudah bersatu dengan jaringan, seperti plasenta, kantung kehamilan, atau embrio.

3. Masalah pada kehamilan

Gumpalan darah ringan hingga berat dapat terjadi saat bumil mengalami perdarahan. Hal ini juga bisa disebabkan karena beberapa kondisi selama kehamilan, seperti:

  • Kehamilan ektopik
  • Kehamilan mola atau hamil anggur
  • Infeksi di serviks atau vagina
  • Solusio plasenta

Simak cara mengatasi perdarahaan saat hamil di halaman berikutnya!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 ciri perdarahan nifas yang perlu diwaspadai, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
CARA MENGATASI KELUARNYA GUMPALAN DARAH SAAT HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!