sign up SIGN UP search


kehamilan

Ketahui Peran Penting Plasenta dan Tali Pusat pada Pertumbuhan Janin

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Kamis, 24 Nov 2022 07:05 WIB
Ilustrasi perut ibu hamil 8 bulan turun jelang persalinan Ketahui Peran Penting Plasenta dan Tali Pusat pada Pertumbuhan Janin/Foto: iStockphoto
Jakarta -

Apakah Bunda tahu perbedaan antara plasenta dan tali pusat? Keduanya sangat berkait erat ya untuk menentukan kehamilan Bunda berjalan normal dan sehat. 

Ya, plasenta adalah organ sementara yang menyerap nutrisi dan oksigen dari Bunda hamil dan mengangkutnya ke janin sekaligus mengangkut bahan limbah dan karbon dioksida dari janin ke sistem tubuh Bunda, untuk dikeluarkan. 

Sementara itu, tali pusat adalah penghubung antara sistem ibu dan janin. Ini berisi satu vena dan dua arteri, yang membantu membawa nutrisi dan oksigen bolak-balik antara sistem ibu dan bayi. Yuk ketahui lebih lanjut fungsi mereka untuk kehamilan Bunda. Simak terus ya.


Fungsi plasenta dan tali pusat pada pertumbuhan janin

Merujuk ulasan Lifecell, saat sel telur dibuahi, ia terbagi menjadi dua komponen, Bunda. Satu menjadi embrio dan yang lainnya menjadi plasenta, yang tumbuh di sepanjang lapisan rahim. 

Tali pusat berkembang dari jaringan embrionik, menghubungkan janin ke plasenta. Plasenta juga menghasilkan hCG (human chorionic gonadotropin), hormon yang dibutuhkan untuk membangun kehamilan yang sehat, Bunda. 

Berbeda dengan plasenta, yang menjadi rumah perlindungan sementara untuk janin. Tali pusat berisi dua arteri yang lebih kecil, yang membawa darah dari janin ke plasenta, dan satu vena yang lebih besar, yang membawa darah ke janin dari plasenta.

Tali pusat dapat tumbuh hingga 60 cm, yang berisi dua arteri yang lebih kecil, yang membawa darah dari janin ke plasenta, dan satu vena yang lebih besar, yang membawa darah ke janin dari plasenta.

Dengan demikian, tali pusat bertindak sebagai garis penghubung antara plasenta dan janin, membantu transportasi darah, oksigen dan nutrisi ke bayi dari plasenta, dan mengangkut bahan limbah dan karbon dioksida dari bayi ke sistem ibu untuk ekskresi.

Yuk klik halaman selanjutnya Bunda untuk tahu lebih jauh fungsi plasenta dan tali pusat.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang serba serbi solusio plasenta pada ibu hamil.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
FUNGSI LAIN PLASENTA DAN TALI PUSAT PADA KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!