sign up SIGN UP search


kehamilan

Pentingnya Pantau BB Bayi selama Hamil, Cegah Malnutrisi hingga Cacat Bawaan Lahir

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 23 Nov 2022 15:45 WIB
USG Pentingnya Pantau Berat Badan Bayi Selama Hamil, Cegah Malnutrisi hingga Cacat Bawaan Lahir/ Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Memantau tumbuh kembang serta berat badan bayi saat hamil sangat penting, Bunda. Pemantauan bertujuan mencegah komplikasi, seperti pembatasan pertumbuhan yang menyebabkan malnutrisi hingga cacat bawaan lahir.

Menurut ulasan di Ultrasound in Obstetrics & Gynecology tahun 2009, estimasi berat janin dapat menjadi indikasi pertama pertumbuhan janin yang tidak normal. Pemantauan rutin berat janin yang didukung oleh kebutuhan klinis dibutuhkan untuk mendeteksi pertumbuhan abnormal tersebut.

"Perkiraan berat janin (EFW) telah digunakan untuk mengidentifikasi kelainan pertumbuhan selama lebih dari tiga dekade," demikian isi ulasan yang dikutip dari National Library of Medicine.


Pemantauan berat janin juag bisa mencegah Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) pada bayi. Dalam ulasan di International Journal of Nephrology tahun 2012 disebutkan, BBLR dapat disebabkan oleh IUGR (Intrauterine Growth Restriction) atau kelahiran prematur.

Selain untuk mencegah masalah tumbuh kembang, memantau berat janin juga menjadi faktor penting untuk memutuskan cara persalinan dan waktu induksi persalinan.

Cara mengetahui berat bayi dalam kandungan

Sejauh ini, ada dua metode umum yang digunakan untuk memperkirakan berat bayi dalam kandungan, yakni USG dan pemeriksaan klinis. Pemeriksaan USG menjadi yang paling sering digunakan karena mudah dan objektif.

Bunda bisa memperkirakan berat janin normal melalui Fetal Growth Calculator (FGC). Kalkulator ini bisa diakses di website National Institute of Child Health and Human Development (NICHD) dan beberapa website parenting lainnya.

Berat janin dapat dikatakan normal bila dapat disesuaikan dengan usia kehamilan. Bila berat kurang, Bunda perlu waspada bayi tidak berkembang dengan baik.

Sejak awal kehamilan, sebaiknya Bunda sudah mengetahui pertambahan berat yang normal ya. Berat janin yang tidak sesuai mungkin saja terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya nutrisi Bunda saat hamil?

Selengkapnya dapat dibaca di halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 7 makanan penambah berat badan janin, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
NUTRISI BUNDA SAAT HAMIL BISA PENGARUHI BERAT JANIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!