sign up SIGN UP search

kehamilan

13 Makanan Ibu Hamil Ini Bikin Kulit Bayi Putih, Cantik & Ganteng, Mitos atau Fakta?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 11 Jan 2023 18:45 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil caption
Jakarta -

Banyak ibu hamil atau bumil yang menginginkan anaknya lahir cantik dan ganteng. Tak sedikit bahkan yang ingin bayinya lahir dengan kulit putih.

Mereka yang punya keinginan ini bahkan percaya dengan mitos adanya makanan yang disebut bisa bikin kulit bayi putih, cantik, dan ganteng. Lalu benarkah demikian?

Mitos atau fakta makanan yang bikin kulit bayi putih, cantik & ganteng

Menurut dokter dari North Miami Beach, Florida, Dr. Naheed Ali, adanya makanan bumil yang bisa mengubah kulit bayi adalah mitos belaka. Perubahan kulit bayi hanya ditentukan oleh faktor genetik.


"Tidak ada cara yang terbukti bisa mengubah warna kulit bayi atau membuatnya putih. Warna kulit bayi ditentukan oleh genetika dan tidak dapat diubah melalui pola makan atau cara lainnya," kaya Ali, dilansir Mom Junction.

"Setiap upaya yang dilakukan dapat berpotensi membahayakan kesehatan ibu dan bayinya," sambungnya.

Makanan yang disebut bisa bikin kulit bayi putih

Ada beberapa makanan yang dipercaya bisa membuat kulit bayi putih. Sebelum mengonsumsinya, Bunda sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter ya.

Nah, berikut 13 makanan bernutrisi untuk ibu hamil yang dipercaya bisa membuat kulit bayi putih:

1. Air kelapa

Air kelapa dapat dikonsumsi selama hamil ya, Bunda. Air kelapa asli mengandung elektrolit dan asam amino yang bertindak sebagai antioksidan bagi tubuh.

Kandungan elektrolit ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga tekanan darah selama hamil. Konsumsi air kelapa juga bisa mengatasi sembelit.

Minum air kelapa selama hamil dipercaya bisa bikin kulit bayi putih dan bersih. Sejauh ini, belum ada penelitian yang membuktikan khasiat ini atau hanya mitos ya, Bunda.

2. Buah alpukat

Sama seperti air kelapa, buah alpukat juga disebut bisa membuat kulit bayi menjadi putih saat lahir. Sejauh ini juga belum ditemukan penelitian yang membuktikannya.

Namun, buah ini dapat dikonsumsi selama hamil karena kaya akan vitamin C dan vitamin E. Kedua vitamin ini termasuk antioksidan yang dapat mengurangi peradangan, menjaga sistem imun, dan membantu produksi kolagen. Secara tidak langsung, buah alpukat bagus untuk menjaga kesehatan kulit Bunda saat hamil.

3. Buah jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C yang merupakan bahan penting untuk membantu menjaga kesehatan kulit Bunda selama hamil. Kandungan vitamin C ini juga dianggap berkontribusi membuat kulit bayi menjadi putih.

Selama  ini belum ada bukti menjelaskan manfaat buah jeruk untuk kulit bayi putih. Tapi, buah ini dapat dikonsumsi selama hamil karena mengandung 90 persen air yang dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan.

4. Kacang almond

Dilansir Live Science, kacang almond kaya akan serat, kalsium, vitamin E, riboflavin, dan niasin dibandingkan jenis kacang lainnya. Beberapa studi menunjukkan bahwa kacang almond bisa menjadi camilan terbaik untuk menjaga jantung agar tetap sehat selama hamil.

Konsumsi kacang almond selama hamil belum terbukti bisa membuat kulit bayi putih. Tapi, Bunda bisa menggunakan almond sebagai pengganti scrub wajah. Fungsinya untuk membuang sel-sel kulit mati yang menempel di kulit sehingga membuat wajah glowing.

5. Tomat

Tomat terdiri dari sekitar 95 persen air dan 5 persen karbohidrat serta serat. Tomat juga mengandung mikronutrien yang diperlukan selama hamil, Bunda.

Konsumsi tomat saat hamil dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan kulit bumil. Kandungan likopen di buah ini ternyata dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Sejauh ini, belum ada penelitian yang membuktikan konsumsi tomat saat hamil berpengaruh langsung pada kulit bayi dalam kandungan.

6. Bengkuang

Bengkuang mengandung vitamin E, C, B6, tiamin, riboflavin, asam pantotenat, kalsium, fosfor, zinc, dan kalium. Selain itu, buah ini juga kaya akan serat dan air.

Bengkuang dapat menjaga kesehatan kulit Bunda selama hamil. Tapi, belum ada bukti bisa membuat kulit bayi putih. Di Indonesia, bengkuang telah banyak digunakan sebagai bahan di produk kecantikan dalam bentuk masker, hand body, pelembab, hingga bedak dingin.

7. Putih telur

Dikutip dari Healthline, putih telur adalah makanan rendah kalori dan tinggi protein. Putih telur mengandung 90 persen air dan 10 persen protein, Bunda.

Putih telur seringkali dijadikan masker untuk menjaga kesehatan kulit. Bunda bisa menggunakan masker ini untuk merawat kulit agar kencang, bukan untuk membuat kulit bayi menjadi putih ya.

Konsumsi putih telur tidak dilarang saat hamil. Tapi, Bunda harus mengonsumsi yang matang untuk menghindari kontaminasi bakteri.

8. Kacang hijau

Kacang hijau mengandung sebanyak 24 persen protein, Bunda. Kandungan protein ini dapat membantu pertumbuhan sel-sel tubuh, termasuk kulit janin.

Namun, belum ada bukti yang menemukan manfaatnya bisa membuat kulit bayi putih ya. Bunda dapat mengonsumsi kacang hijau selama hamil dengan direbus atau dibuat bubur kacang hijau.

9. Buah anggur

Buah anggur kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin C, K, B, dan kalium, copper, dan mangan. Buah ini juga memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penyakit.

Buah anggur mengandung asam alfa hidroksi (AHA) yang bisa menjaga kesehatan kulit Bunda selama hamil. Namun, belum ada studi yang mengungkap manfaat buah ini untuk membuat kulit bayi putih.

10. Sayuran hijau

Sayuran hijau dengan kandungan vitamin C yang tinggi dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Beberapa sayuran ini seperti bayam dan kale.

Mengonsumsi sayuran hijau baik untuk kesehatan kulit Bunda selama hamil, bukan untuk bayi dalam kandungan. Namun, kandungan nutrisi di sayuran hijau yang tinggi dapat berkontribusi dalam perkembangan sel-sel tubuh, termasuk kulit janin.

11. Susu kedelai

Konsumsi susu kedelai saat hamil dapat memenuhi asupan nutrisi karena mengandung asam folat, zat besi, kalsium, dan mineral lain. Namun, konsumsi susu kedelai saat hamil tidak bisa bikin kulit bayi putih, Bunda.

Dokter spesialis kandungan, dr. Fredrico Patria, SpOG, mengatakan bahwa itu semua hanya mitos. Kulit bayi tidak bisa berubah hanya dipengaruhi makanan, Bunda.

"Makanan tidak berpengaruh pada kulit bayi dalam kandungan," kata Fredrico, dalam buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal.

12. Buah beri

Buah beri kaya akan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Selain itu, buah ini juga mengandung air, karbohidrat, vitamin C, dan serat.

Sama seperti makanan lainnya, buah beri juga tidak bisa mengubah kulit bayi menjadi putih. Tapi, kandungan antioksidan yang dikenal sebagai fenolik baik untuk kesehatan kulit, dalam hal ini untuk ibu hamil.

13. Ikan

Ikan yang berlemak seperti salmon, mackerel, dan herring, sangat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan asam lemak omega-3 di ikan juga dapat menjaga kesehatan kulit tetap kenyal dan lembab.

Kandungan ikan berlemak dapat secara langsung membantu perkembangan dan pertumbuhan kulit, rambut, dan kuku bayi dalam kandungan. Selain itu, konsumsi ikan juga bisa membantu perkembangan otak.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 6 menu makanan diet sehat untuk bumil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/pri)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!