sign up SIGN UP search

kehamilan

9 Fakta Linea Nigra, Garis Hitam yang Muncul pada Perut Ibu Hamil

Melly Febrida   |   Haibunda Minggu, 22 Jan 2023 10:16 WIB
Ilustrasi perut ibu hamil 8 bulan turun jelang persalinan Foto: iStockphoto
Jakarta -

Saat hamil, Bunda tentu memperhatikan ada garis hitam di tegah perut. Ini adalah linea nigra. Nah, berikut ini beberapa fakta linea nigra, garis hitam pada perut ibu hamil.

Linea nigra merupakan garis gelap kecokelatan yang membentang vertikal di perut. Lebarnya biasanya tidak lebih dari 1/4 hingga 1/2 inci, meskipun pada beberapa orang bisa lebih lebar.

Garis hitam ini lokasinya di antara pusar dan area kehamilan. Sebenarnya, Bunda selalu memiliki garis di perut. Tapi warnanya menjadi lebih gelap saat hamil.


Fakta linea nigra

Dr. Jessica Wu, dokter kulit bersertifikat di praktik swasta di Los Angeles, California, menjelaskan bahwa linea nigra ini cenderung menjadi sedikit lebih gelap pada trimester kedua. Terkadang sekitar minggu ke-23 kehamilan.

"Hormon kehamilan inilah yang membuat linea nigra (bahasa Latin untuk 'garis hitam') tampak lebih jelas," kata Wu dilansir dari laman What to Expect. Bumil juga akan mengalami linea alba, yakni garis samar yang mungkin tidak pernah disadari membentang di antara pusar dan panggul, menjadi gelap.

Menurut Wu, kulit di seluruh tubuh bumil menjadi hiperpigmentasi, atau menggelap. Bumil mungkin juga melihat kulit di wajah menjadi gelap, yang dikenal sebagai melasma, atau "topeng kehamilan". Serta areola yang lebih gelap.

"Linea nigra kemungkinan akan lebih terlihat jika Anda memiliki kulit yang lebih gelap," ujarnya.

Kenapa garis hitam menjadi lebih gelap saat perut membesar? Kata Wu, sejumlah ahli berteori bahwa linea nigra yang lebih terlihat membantu bayi baru lahir. Bayi yang belum dapat melihat dengan jelas dapat menemukan jalan ke payudara untuk menyusu.

Nah, mitos yang berhubungan dengan linea nigra juga ada.  Beberapa orang meyakini bahwa linea nigra dapat memprediksi jenis kelamin bayi .

Jika linea nigra hanya mencapai pusar, bumil akan melahirkan anak perempuan. Tetapi jika garis itu melewati pusar dekat tulang rusuk, itu adalah laki-laki. Namun, ini semua belum ada bukti ilmiahnya, Bunda.

Bumil tak perlu khawatir dengan garis hitam ini karena linea nigra tidak berbahaya bagi bumil atau janin. Ini artinya bumil tidak memerlukan perawatan medis.

Untuk fakta tentang linea nigra bisa klik halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang penyebab perut keras dan kencang saat hamil.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
FAKTA LINEA NIGRA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!