sign up SIGN UP search

kehamilan

Penyebab Janin Lebih Aktif Bergerak di Malam Hari, Simak Cara Mengatasinya

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Jumat, 31 Mar 2023 21:30 WIB
Woman in her early thirties is pregnant and due date is in few months. Healthy woman in living stress free life, going to medical checks and ultra sound checks, relaxation exercises and prepares food full of vitamins in order to have strong and healthy baby. Newborn baby girl is loved so much. caption
Jakarta -

Saat janin aktif dalam kandungan, Bunda tentu akan merasa turut senang seakan sedang bergembira bersama Si Kecil. Tendangan atau gerakan-gerakan kecilnya cukup menjadi pertanda bahwa Si Kecil mampu berkembang dengan cukup baik di dalam rahim.

Tapi apa benar ya jika Si Kecil memang lebih aktif bergerak hanya pada malam hari saja? Melansir dari Parenting First Cry, dijelaskan bahwa menurut studi yang dilakukan oleh American Pregnancy Association, terdapat temuan jika beberapa bayi memang lebih aktif di malam hari, Bunda. 

Lantas apakah hal tersebut normal? Yuk ketahui penyebab dan cara mengatasinya. Lanjut baca ya.


Penyebab janin lebih aktif bergerak di malam hari

Merujuk pada hasil penelitian dari University of Auckland, menghasilkan data sekitar 74,5 persen Bunda hamil merasakan gerakan Si Kecil lebih aktif pada malam hari, Bunda. Kabar bahagianya, hal tersebut dinyatakan sangat normal ya. 

Tidak berarti sedang bermasalah, Si Kecil lebih aktif pada malam hari ternyata karena gerakan Bunda lebih banyak diam pada waktu ini. Ya, tidak seperti siang hari saat Bunda banyak beraktivitas sehingga memberi sensasi diayun yang membuatnya lebih nyaman tidur.

Karena Bunda lebih banyak diam, Si Kecil menjadi terbangun dan kemudian menunjukkan aktivitas yang bisa Bunda rasakan itu ya. Entah menendang atau cegukan, gerakan-gerakannya kadang bisa Bunda lihat dengan jelas sebagai cara dia memberi tahu Bunda bahwa dia sedang terjaga. 

Dikutip dari Times of india, janin lebih aktif bergerak pada malam hari bisa jadi karena Bunda baru ada waktu untuk benar-benar memperhatikannya, setelah seharian sibuk dengan pekerjaan Bunda. 

Salah satu alasan umum yang dapat menjelaskan pola ini adalah bayi menjadi lebih waspada saat tidak merasakan aktivitas apa pun. Sementara Bunda hamil lebih aktif di siang hari, bayi masuk ke mode tidur. Dan ketika tidak ada gerakan, itu bisa mengejutkan mereka, hingga menghasilkan gerakan yang kuat.

Sebenarnya bayi juga bisa lebih aktif di siang hari. Dan para ibu, yang aktif di siang hari, mungkin tidak merasakan gerakan mereka sebanyak yang mereka rasakan di malam hari.

Gerakan kecil yang dilakukan Si Kecil di siang hari mungkin tidak diperhatikan karena Bunda kebanyakan sibuk bergerak. Jika Bunda merasa Si Kecil lebih banyak bergerak pada malam hari, coba amati juga pergerakannya pada siang hari. Perhatikan tanda-tanda reaksinya. Jika tidak ada gerakan, jangan langsung panik ya. Sebab bisa saja Si Kecil memang tertidur.

Klik halaman selanjutnya yuk Bunda.

Bunda ingin membeli produk kesehatan dan kebutuhan ibu hamil lainnya? Langsung aja yuk, klik di sini.

Saksikan video tentang serba-serbi gerakan janin:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
CARA MENGATASI JANIN YANG LEBIH AKTIF DI MALAM HARI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!