menyusui

4 Posisi Menyusui Nyaman Usai Operasi Caesar

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 25 Jun 2019 18:01 WIB
4 Posisi Menyusui Nyaman Usai Operasi Caesar
Jakarta - Nyeri usai persalinan caesar memang tidak langsung hilang seketika ya, Bun. Enggak jarang, cenat cenut dan rasa linu masih sering hadir di area sayatan. Rasanya pasti menimbulkan ketidaknyamanan bagi para Bunda khususnya ketika menyusui.

Mencari posisi terbaik sangat penting untuk mendapatkan kenyamanan saat menyusui. Sebab, sayatan di bagian perut bawah kerap membuat Bunda jadi 'parno' untuk duduk ataupun berbaring.

"Mungkin akan sulit bagi Bunda untuk menempatkan buah hati dalam posisi yang dapat membuat Bunda nyaman selama kurang lebih 20 menit dengan kondisi ada sayatan pada perut bagian bawah,"kata Alyssa Quimby, M.D assistant professor of obstetrics & gynecology di University of Southern California, dikutip dari Self.


Untuk itu, Quimby menyarankan agar Bunda yang melahirkan secara caesar untuk mencoba berbagai posisi berbeda. Tak ada salahnya juga untuk berkonsultasi dengan konsultan laktasi di rumah sakit. Pertama, Bunda bisa mencoba menggunakan bantal menyusui atau tumpukan bantal lembut dengan berbagai ukuran untuk membantu bayi dalam posisi yang baik.

4 Posisi Menyusui Nyaman Usai Operasi CaesarPosisi menyusui nyaman usai operasi caesar/ Foto: iStock

Melansir Belly Belly, posisi kedua yang bisa Bunda coba saat menyusui pascapersalinan caesar yakni dengan berbaring. Bunda dapat mencoba berbaring miring dengan bantal di bawah kepala. Ketiga, Bunda juga dapat meletakkan bantal di antara lutut untuk topangan. Dan, posisikan bayi Bunda sehingga hidungnya sejajar dengan puting Bunda.

Keempat, Bunda juga dapat mencoba posisi santai dengan setengah bersandar. Untuk posisi ini, cobalah dengan berbaring dalam posisi setengah bersandar dengan bantuan bantal di belakang badan sebagai penyangga. Kemudian, posisikan bayi Bunda di dada menghadap ke arah Bunda dengan hidung setinggi puting serta kakinya menjauh dari luka caesar Bunda.

Selamat mencoba ya, Bun.

Bunda pelajari juga yuk cara yang tepat menyendawakan bayi usai menyusui!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi